Wednesday, September 2, 2020

De Javu

Jual De Ja Vu Strawberry Pancake 4MG 60ML - Dejavu Liquid 100% Authentic -  Kab. Tangerang - JakartaVapers | Tokopedia

Istilah de javu berasal dari bahasa Perancis yang berarti 'sudah terlihat'. Istilah ini biasanya digunakan untuk kondisi ketika seseorang merasa seperti pernah mengalami sebelumnya, padahal itu baru pertama kali. Bisa juga ketika datang ke suatu tempat untuk pertama kali tapi ngerasa udah pernah ke tempat itu sebelumnya. Semua orang pasti pernah merasakan kondisi de javu ini. Sebagian ahli berpendapat de javu berhubungan dengan gangguan pada sistem otak, tapi banyak juga yang menghubungkannya dengan peristiwa kehidupan masa lalu.

Berbagai ahli menyampaikan teorinya berkaitan dengan kondisi de javu ini. Tidak ketinggalan Sigmund Freud sang psikolog kenamaan. Freud menyatakan bahwa de javu terjadi karena adanya keinginan seseorang yang terpendam. Lain lagi Valerie F. Reyna yang berpendapat bahwa de javu adalah perasaan yang diawali dengan kenangan palsu, terjadinya disasosiasi memori dalam otak. Masih banyak lagi ahli-ahli lainnya yang melakukan penelitian tentang fenomena ini.

Gue termasuk orang yang cukup sering mengalami de javu, entah karena emang gue tipe orang yang senang bermain-main dengan kenangan, atau memang susunan saraf-saraf otak gue yang sudah terganggu. Hampir setiap pagi, ketika awal membuka mata. Hampir setiap makanan yang gue suka atau pun minuman yang gue minuman. Nyaris beberapa tempat yang gue singgahi, atau jalanan yang gue susuri. De javu gue seintens itu, hahaha. Apa gue ngerasa terganggu dengan kondisi itu?? Tidak..gue nikmatin aja. Antusiasme gue terpanggil setiap rasa de javu itu datang di waktu-waktu itu. 

Pagi ini pun gue mengalami de javu kembali. Baru saja buka mata dan melirik ke arah kaca jendela memastikan di luar sudah terang, gue ngerasa gue pernah terbangun seperti ini. Situasi merasa bahagia yang teramat sangat, dada yang berbunga-bunga, bibir yang tak berhenti bersenandung, menyiapkan pakaian terbaik, menyiapkan masakan kesukaan, menelepon orang tua, dan sebagainya. Kemudian gue duduk di pinggiran tempat tidur, berusaha mengingat-ingat dimana dan kapan situasi seperti itu pernah gue alami. Bermenit-menit berlalu, tapi gue tidak sedikitpun teringat kapan situasi itu gue alami. Gue seduh kopi hitam, berharap aromanya bisa memunculkan sedikit clue. Ah tapi, tetap tidak ada terpikir apa2. Ya sudahlah tidak usah diingat terlalu kuat, biar saja, toh de javu adalah permainan otak saja, nanti juga hilang sendiri.

Sembari menghirup kopi hitam panas dan bermain dengan asap rokok yang mengudara, perlahan mata gue singgah ke kalender di dinding. Hari ini tanggal 3 September, apa saja list kewajiban yang harus gue selesaikan hari ini ya??? Ah sudahlah, gue juga tidak ingat apa-apa saja yang harus gue kerjakan hari ini, ya biarlah. Hari ini tanggal 3 September yaaa...??


No comments:

Post a Comment

De Javu

Istilah de javu berasal dari bahasa Perancis yang berarti 'sudah terlihat'. Istilah ini biasanya digunakan untuk kondisi ketika sese...