Thursday, April 2, 2020

MRT Jakarta

Yuhuu, Indonesia akhirnya punya MRT (Mass Rapid Transit) kayak negara-negara jiran yang udah lebih maju. Ikut bangga donnnng. Sebenernya MRT udah ada dari khir tahun lalu sih ya, tapi gak apa-apa deh, kali aja masih ada yang belum pernah naik MRT di negeri sendiri ya kan. Berikut gue ulas soal MRT Jakarta.


Untuk bisa naik MRT, kita musti beli kartu tiketnya dulu, ada buat yang single trip seharga 15.000 Rupiah perorang, ada juga yang buat multi trip dengan harga 25.000 Rupiah perorang, atau bisa juga dengan menggunakan kartu non-tunai elektronik dari bank-bank Indonesia yang sudah bekerja sama dengan MRT Indonesia. Ongkos MRT itu dihargai 10.000 Rupiah per 10 kilometer, tarif minimal 3.000 Rupiah dan maksimal 14.000 Rupiah. Tiket MRT bisa dibeli di mesin otomatis (vending machine) ataupun loket yang ada stasiun-stasiun MRT Jakarta. Cara belinya juga mudah banget kok. Ada petunjuknya di setiap mesinnya kok. 

Rute MRT Jakarta masih belum sebanyak rute MRT di negara-negara lain. Tapi, ya cukuplah untuk permulaan ini, ntar lama kelamaan, selama kita rakyat Indonesia dukung, pembangunan akan terus berjalan. Berikut stasiun-stasiun MRT Jakarta:

Rute MRT Jakarta
Sumber: wikipedia

So, kalau gitu, buat lu yang tinggal di luar daerah yang datang ke Jakarta, lu bisa kok nyicipin naik MRT dari bandara Soekarno-Hataa. Caranya, lu naik kereta bandara dan turun di BNI Sudirman. Dari Stasiun Sudirman lu tinggal jalan kaki ke stasiun MRT Dukuh Atas. Nah dari stasiun MRT Dukuh Atas lu naik deh MRT jurusan yang lu mau.

Gimana kalau misalnya datang di Bandara Halim? Bisa juga kok. Stasiun MRT terdekat adalah Stasiun Istora Mandiri. Satu-satunya cara ya lu harus naik taksol atau ojol dulu sampai ke Stasiun MRT situ, trs selanjutnya terserah lu deh pengen nyicipin MRT jurusan mana.

Trus, buat yang tinggal di Bekasi atau Tangerang, Cikarang, dan sekitarnya, bisa gak? Ya bisa juga. Lu tinggal naik KRL ke Stasiun Manggarai, trus lu pindah peron ke jurusan Sudirman. Nyampe Sudirman, lu pindah lagi ke stasiun Dukuh Atas, trus lu naik deh MRT jurusan mana yang lu mau.

Gimana, mo nyicipin naik MRT ala-ala negara tetangga gak? Kalau iya, pas musim pandemic gini, jangan lupa jaga jarak minimal 1 meter ama manusia lain yak. Trus sering-sering cuci tangan, jangan megang-megang area wajah, dan kalau bisa pake masker, oke.  

1 comment:

  1. Kangen naik MRT lagi. Semoga masa pandemi segera usai. Saya pengen keliling Jakarta lagi kalau udah pandemi pergi

    ReplyDelete

De Javu

Istilah de javu berasal dari bahasa Perancis yang berarti 'sudah terlihat'. Istilah ini biasanya digunakan untuk kondisi ketika sese...