Sunday, February 10, 2019

CARA DARI PENANG (MALAYSIA) KE HAT YAI (THAILAND)


Transportasi dari Penang ke Hat yai

Jika sudah sampai di Penang dan punya waktu cukup banyak, menurut saya sayang jika tidak dilanjutkan ke Hat Yai, Thailand. Hat Yai berada sangat dekat dengan Malaysia (Penang), hanya berjarak sekitar 220 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 3-4 jam saja. 2 hari 1 malam cukuplah di Hat Yai, karena menurut saya Hat Yai tidak belum se-atraktif Phuket, atau Bangkok. Lumayanlah, bisa nambah koleksi stempel di pasport juga kan, hehehe. Berikut saya uraikan cara untuk bisa ke Hat Yai dari Penang. 


Ada berbagai alternatif transportasi yang bisa dipilih untuk mencapai Hat Yai dari Penang. Terserah kamu mau pilih pakai apa, sesuaikan dengan Sikont*l (situasi, kondisi dan toleransi) masing-masing. Karena, setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

1. Naik Minivan

Cara dari Penang ke Hat yai
Naik Minivan merupakan cara paling mudah, karena akan dijemput ke hotel tempat menginap di Penang dan diantar sampai ke depan hotel tempat menginap di Hat Yai. Tiket minivan ini mudah untuk didapatkan, loket penjualannya ada di lantai dasar Prangin Mall, dengan harga 30 - 40 MYR, tergantung hari keberangkatannya, jika di hari libur, harganya juga akan semakin mahal. Kalau tidak salah, ada 3 kali pemberangkatan dalam sehari.

Akan ada 2 kali pemberhentian selama perjalanan nanti. Pemberhentian pertama di Bukit Kayu Hitam, tempat pemeriksaan Malaysia. Seluruh penumpang wajib turun ke kantor imigrasinya, tidak perlu bawa semua barang bawaan, cukup barang-barang berharga saja dan paspor (pastinya). Pemberhentian kedua adalah di Sadao, hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Bukit Kayu Hitam tadi. Jangan lupa untuk mengisi kartu kedatangan/arrival card (yang dibagikan oleh supir minivan) dengan lengkap. Kalau di hari libur, antrian imigrasi di Sadao ini mengular panjang loh, bisa berjam-jam ngantri untuk cap paspor, siapkan stamina ya. 

Cara dari Penang ke hat yai


Cara dari Penang ke hat Yai



Selesai urusan imigrasi, kita harus kembali ke minivan tadi, ingat-ingat nomor minivannya ya, karena akan banyak minivan yang mirip tampilannya. 

2. Naik bus

Cara dari Penang ke Hat YaiOpsi selanjutnya adalah naik bus. Untuk bus, lebih fleksibel jadwalnya dan tempat pemberangkatannya. Bisa dari Terminal Butterworth atau dari Terminal Sungai Nibong. Gimana caranya dari George Town ke Terminal Butterworth atau ke Terminal Sungai Nibong?? Baca di sini. Ongkosnya mulai dari 35 MYR perorang, dengan lama perjalanan sekitar 3 jam 45 menit atau lebih. Sama seperti jika naik minivan, nanti akan ada 2 kali pemberhentian selama di jalan, yaitu untuk pemeriksaan di imigrasi perbatasan Malaysia, serta proses imigrasi di perbatasan Thailand. 

Eh ya, cerita dari beberapa teman traveler, petugas imigrasi di Sadao, kadang suka usil dengan traveler. (Konon) trik lancarnya adalah dengan nyelipin duit 2 MYR di dalam paspor, dijamin proses imigrasi akan lancar jaya. Tapi saya pribadi belum pernah ngalamin.

Untuk ngecek jadwal dan harga bus ke Hat Yai dari Penang, cek di sini.

3. Naik Kereta

Cara dari Penang ke Hat YaiNaik kereta ini adalah cara yang sedikit ribet di perjalanan tapi lebih mudah di imigrasi. Patokannya adalah dari Stasiun Butterworth, naiklah komuter dengan tujuan Stasiun Padang Besar. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam, dengan harga tiket 11.40 MYR. Ada pemberangkatan setiap 1 jam dari Stasiun Butterwoth.

Nah, ini yang menarik, jika naik minivan dan bus kita harus berhenti di 2 titik untuk urusan keimigrasian. Maka kalau naik kereta, urusan keimigrasian cukup di satu tempat saja, yaitu di Stasiun Padang Besar saja. Kok bisa? ya bisa, karena Stasiun Padang Besar ini berada di 2 negara, Malaysia dan Thailand. So, kita bisa mengurus keimigrasian untuk keluar dari Malaysia dan masuk Thailand di satu tempat itu sekaligus. Mungkin karena itu juga, rata-rata petugas imigrasi Thailand fasih berbahasa Melayu.

Cara dari Penang ke Hat yaiKereta dari Stasiun Padang Besar ke Hat Yai hanya ada 2 kali sehari, yaitu jam 09.55 dan jam 15.40 (waktu Malaysia). Tiketnya hanya 70 Baht dengan lama perjalanan hanya 1 jam saja. Sesampainya di Hat Yai Train Station, kita bisa lanjutkan dengan naik tuk-tuk ke tempat penginapan. Stasiun Hat Yai berada di pusat kota Hat Yai, jadi ongkos tuk-tuknya murah banget, sekitar 20 Baht saja. 

Gimana kalau misalnya sampai Padang Besar, ternyata sudah ketinggalan kereta?? Jangan sedih, masih ada bus atau minivan yang bisa jadi dewa penyelamatnya. Dari imigrasi Thailand itu, berjalanlah keluar. Nanti akan ada minivan atau bus tujuan Hat Yai, bus nya berwarna merah. Ongkos bus dan minivan itu sekitar 44-50 Baht, dengan lama perjalanan 1.5 jam. Sesampainya di Hat Yai, bus dan minivan itu akan berhenti di pemberhentian pertama Terminal Bus Hat Yai. Saran saya, jangan naik tuk-tuk langsung dari terminal itu, rawan scamming. Sebaiknya, jalan sedikit ke Central Festival Mall, baru sambung naik tuk-tuk atau Grab ke penginapan. 

Itulah 3 opsi yang bisa kita pilih jika ingin ke Hat Yai dari Penang, terserah kamu nyamannya yang mana :)


43 comments:

  1. Seandainya aku tahu ini waktu ke Penang kemaren huhuhu. Jadi bisa sekalian ke Thailand kan.

    ReplyDelete
  2. Nah ini. Titk titik yang rawan scamming ini nih yang penting banget diketahui sebelum bepergian.
    Terimakasih artikelnya, Mba

    ReplyDelete
  3. Aku belom pernah ke Hat Yai, ditunggu cerita lengkapnya tentang tempat ini ya mbak. Save dulu ah buat nambah ittenary kl ke Penang lagi.

    ReplyDelete
  4. Nice info mba, jadi bisa sekalian ya ke Hat Yai cuma 3 jam-an perjalanan dari Penang.. Paling enak emamg naik minivan aja, ya.. Gak ganti-ganti lagi kayak naik kereta.. Dianterin sampai hotel pula.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, 3 jam-an aja, sayang kalo ga dilajutin

      Delete
  5. Itu klo 1 baht di rupiahin brpa mbak?
    Buat siap2 mna tau next travel ke sana wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kurs juga mba, ini pas saya ke sana, 1 Baht = 430 Rp

      Delete
  6. Wah baru bisa mbayangin, belum pernah sekalipun sampai ke Penang. Smg suatu saat sampai ke sana. Tfs mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammiinnn...semoga suatu hari bisa ke sana ya mba

      Delete
  7. Boleh juga nih ditiru saat nanti ke Penang bisa melipir sebentar ke Thailand ya. Kemarin nyobain dari Kuala Lumpur ke Singapore naik bus lumayan juga enak dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bus-bus di LN mah nyaman-nyaman yaa mba, hehehe

      Delete
  8. Waah asyik juga nih. Bisa ke Penang sekalian menginjakkan kaki ke Penang ya. Kebetulan belum pernah ke sana dua-duanya. Kapan-kapan kayaknya boleh dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, diatur jadwalnya sedemikian rupa, biar dapet 2 2 nya

      Delete
  9. Wih, bagus banget infonya
    Ternyata petugas nakal itu ada dimana-mana ya, gak di Indonesia aja.

    Oh ya, kalau saya sih anak kereta banget, jadi selama bisa naik kereta ya mending naik kereta deh :)

    ReplyDelete
  10. Belum uy ke Penang. Baru wacana-wacana aja di antara teman-teman. Seru juga ya mlipir nyebrang ke negara lain lagi. Lagian engga perlu visa segala kan... Mudah-mudahan ah, dijadiin ke Penang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, ga perlu visa.
      Ayo atuh lah dijadiinnn

      Delete
  11. Bermanfaat banget opsinya semua mbak. Aku save dulu linknya ya... Pengen juga jalan darat dari Penang ke Thailand.

    ReplyDelete
  12. Kalau transportasi umum biasanya saya lebih suka naik kereta. Jadi kayaknya opsi itu dulu yang bakal dipilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mudah di proses imigrasi nantinya mba, caiyyooo

      Delete
  13. Nahini. .temenku juga menyarankan sekalian ke Thailand.. haha...sekali dayung gitu loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali trip, 2-3 cap imigrasi didapatkan hehehe

      Delete
  14. Belum sempet ke Hatyai dulu hampir kesana udah sampai Penang kehabisan waktu. Padahal bisa kulineran thailand muslim

    ReplyDelete
  15. Aku pernah dari Butterworth (Penang) ke Hatyai naik kereta. Sebenernya tipe sleeper train yang tempat duduknya bisa diubah jadi tempat tidur. Tapi kalo cuma sampe Hatyai ya belum berubah jadi sleeper train dan cuma berbentuk seperti tempat duduk kereta api biasa.
    Pengalamanku juga asik nih ke Hatyai naik kereta.

    ReplyDelete
  16. Kalau sudah dari Penang memang sebaiknya langsung ke Thailand yang, karena sudah dekat. Info transportasinya bermanfaat. Thanks Mbak

    ReplyDelete
  17. Huaa asyiknya bisa ke Penang aku belum pernah lhk keluar negeri hihihi. Btw kalau saya kesana sih ya lebih baik naik kereta soale udah pasti bebas macet hehe.

    ReplyDelete
  18. Seperti kebanyakan teman yang komentar di atas, saya juga belum pernah ke Penang euy. Hiks.

    Semoga suatu saat bisa traveling ke sana. Sekarang banyakin baca artikel tentang Penang aja dulu. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Hi mba.. nanya deh.. kl bawa anak kecil lbh enak kereta apa bus/minivan ya? Pgnnya naik bus/van tp kok cerita org org imigrasinya bs berjam jam bikin maju mundur huhuhu... Apa naek kereta aja ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku mending naik van mba, karena tinggal nunggu di penginapan dan ntar diantar sampai penginapan lagi. Kalau naik kereta, bisa juga cuma tidak ada setiap jam, jadi mba nya harus perhitungkan dengan matang

      Delete
  20. Hi...
    kalau transportasi di hatyai gmn ya ?
    bisa PP kah penang hatyai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transportasi di Hatyai lumayan banyak mas, ada shongtew, taksi, atau sewa motor.

      Maksudnya PP sehari?? Bisa aja sih mas, cuma bakal habis di jalan, karena di jalan aja udah 4 jam, belum antri imigrasi.

      Delete
  21. Kalau sewa mobil dari penang bisa dibawa masuk ke hatyai ?
    Rencananya mau sewa mobil dari Penang ke Hatyai dan pulang kembali ke Penang.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah mas, maaf belum bisa bantu, saya kemana2 ngandelin public transportation 😊

      Delete
  22. Wah... thanks berat. Ini bakal jadi panduan saya bawa keluarga besar dari penang ke hat yay awal agustus 2019 ini.

    ReplyDelete

Air Terjun Nyarai, Wisata Anti-Mainstream di Sumatera Barat

Jam Gadang di Bukittinggi, Pantai Gandoriah di Pariaman, Istano Pagaruyung di Batusangkar, atau yang katanya mirip Raja Ampat Papua wisa...