Saturday, January 26, 2019

Panduan Travelling ke Penang Bagi Pemula


Malaysia tidak hanya Kuala Lumpur lohh, ada banyak kota-kota lain selain Kuala Lumpur  yang bisa kita kunjungi untuk bertraveling. Seperti Malaka, Penang atau Pulau Pinang, Johor Bahru, Ipoh, dan lain-lain. Kali ini saya ingin membahas Penang, salah satu bagian negara Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia. Bagi kami orang Sumatera, Penang lebih terkenal sebagai salah satu destinasi berobat selain Malaka. Rumah sakit di Penang terkenal dengan dokter-dokter spesialis handal namun dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, selain itu, Penang juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Jika kamu ingin bertravelling ke Penang tanpa tour agent, berikut beberapa informasi penting yang harus kamu tahu sebelum ke Penang.


1. Transportasi ke Penang

Banyak alternatif yang bisa kita pilih untuk bisa sampai ke Penang. Jika ingin menggunakan pesawat terbang, sekarang ini, sudah banyak maskapai yang melayani penerbangan langsung ke Penang dari beberapa kota besar yang ada di Indonesia, dengan ongkos yang sangat terjangkau tentunya. Namun, jika hendak ke Penang dari Kuala Lumpur, akan lebih banyak opsi transpotasi lagi. Tidak saja dengan pesawat saja, tapi kita juga bisa melalui jalur darat dengan kereta ataupun bus.

Bus ke Penang ada yang dari bandara langsung dan ada juga yang dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS). Terserah kamu mau mulai dari mana, jika dari bandara, maka hanya ada di bandara KLIA dan KLIA2. Loket penjualan tiketnya ada di lantai bawah, tidak jauh dari tempat pemberhentian bus bandara. Harga tiketnya 56 MYR, dengan pemberhentian di Terminal Butterworth, Penang. Sedangkan jika ingin berangkat dari Kota Kuala Lumpur, maka bus ke Penang bisa kita dapati di Terminal Bersepadu Selatan (TBS). Harga tiketnya 30 MYR, dengan pemberhentian di Terminal Butterworth atau di Terminal Sungai Nibong.

Bagaimana jika ingin naik kereta?? Bissaaa. Kita bisa naik ETS (Electric Train Service) dari Stasiun KL Sentral dan turun di Stasiun Butterworth. Harga tiketnya 59 MYR - 79 MYR (tergantung kelas).

2. Transportasi dari bandara atau terminal ke pusat kota

a. Dari Bandara


Dari Bandara ke George Town naik bus nomor 401 
Jika naik pesawat yang langsung ke Penang, maka cara paling irit untuk bisa mencapai kota adalah dengan menggunakan bus Rapid. Ketika keluar dari gate kedatangan, nyebrang ke arah halte bus, disana tinggal menunggu bus ke yang sesuai dengan area tempat mu menginap. Setiap bus memiliki nomor rute masing-masing. Kalau ragu hendak naik bus yang mana, jangan ragu untuk nanya dulu ke supir bus nya. Siapkan uang pas untuk bayar bus nya ya, karena tidak akan ada uang kembalian. Tidak akan ada kernet-nya juga, jadi nanti sebelum naik kita harus memasukkan uang ke kotak uang yang ada di sebelah pak supirnya.

Selain itu, bisa juga naik taksi, baik taksi konvensional maupun taksi online. Namun, hati-hati jika naik taksi konvensional ya, pastikan taksi-nya memakai argo atau sudah deal harga sebelum naik. Biasanya sih, harga dari bandara sampai ke George Town itu sekitar 50 MYR.

b. Dari Terminal

Jika pemberhentian akhir kita adalah di Butterworth, kita harus menyeberang dengan ferry untuk bisa sampai ke Penang (Pulau Pinang). So, ketika kita turun dari bus ataupun kereta ikuti saja petunjuk arah yang akan menuntun kita ke arah dermaga, ongkos ferry ke Penang hanya 1,20 MYR saja, sedangkan dari Penang ke Butterworth malah free-ong alias gretong. Namun, perlu diingat ferry terkahir akan menyeberang jam 00.10. Jadi kalau kamu nyampe di Butterworth lewat dari jam itu maka sebaiknya naik taksi saja atau menunggu ferry paling pagi keesokan harinya yang akan jalan kembali pada jam 05.20 pagi. Sesampainya di dermaga atau lebih terkenal dengan istilah jetty, tinggal jalan keluar dan sambung dengan bus Rapid Penang atau bisa juga dengan Central Area Transit (CAT) bus. Ongkosnya??? Gratis doonnnggg. Oh ya, jetty ini lokasinya sangat dekat dari pusat heritage yang ada di George Town. Jadi, untuk kalian yang penginapannya di Lebuh Chulia atau di sekitaran pusat heritage itu, tinggal jalan kaki aja beberapa menit.

Jika pemberhentian terakhir kita adalah Terminal Sungai Nibong, kita masih harus sambung naik bus Rapid Penang nomor 102 dengan tujuan Teluk Bahang, lalu turunlah di Terminal Komtar. Selain naik bus, kita juga bisa menggunakan taksi (baik konvensional maupun online).

3. Lokasi Penginapan


Lebuh Chulia
Ada sangat banyak sekali penginapan dengan berbagai rate di penang, mulai dari kelas dorm yang bisa diisi oleh beberapa orang dalam satu kamar, sampai ke hotel berbintang. Lokasi favorit menginap wisatawan ketika di Penang adalah di George Town si ibukota Penang, karena George Town adalah daerah terramai di Penang. Di George Town sendiri, ada beberapa pilihan area favorit lagi untuk menginap, yaitu di area Komtar atau di area Lebuh Chulia. Masing-masing ada kelebihannya sendiri-sendiri.

Di area Komtar ada beberapa pusat perbelanjaan, akan terus ramai tentunya. Selain itu, di Komtar juga ada terminal pertukaran semua bus Rapid Penang dengan rute lokal Penang, dilewati bus CAT yang gratis itu.

Begitu juga kalau kita menginap di Lebuh Chulia. Lebuh Chulia ini cukup dekat dari jetty tempat turun ferry penyeberangan dari Butterworth, tinggal menyeberang dari jetty dan susuri dengan berjalan kaki sekitar 5 - 10 menit. Di sekitaran Lebuh Chulia ini, akan banyak sekali pedagang makanan dari sore hingga malam hari, surga bagi para pemburu kuliner. Selanjutnya, Lebuh Chulia ini juga dekat dengan tempat-tempat yang harus kita kunjungi di Penang, seperti mural-mural yang mendunia itu, mesjid-mesjid bersejarah, dan lain-lain. So, kalau saya pribadi, lebih memilih untuk menginap di Lebuh Chulia.

Salah satu hostel yang pernah saya inapi dan saya rekomendasikan adalah Red Inn Court

4. Makanan dan Minuman



Nasi Kandar Beratur, memang harus beratur (ngantri)
panjang dulu buat bisa makan di sini.
Penang juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner, banyak menu-menu yang wajib dicoba ketika di Penang, seperti Cendhul (seperti cendol di Indonesia), Nasi Kandar, Asam Laksa, Penang Char Kwayteow, dan lain-lain. Salah satu tempat makan yang terkenal sebagai pusat kuliner Penang adalah Gurney Drive yang berada di samping Gurney Plaza, akan banyak pedagang aneka makanan yang bisa kita temui di sana mulai dari senja hingga malam hari. Selain itu, bisa juga datang ke pedagang makanan yang memang sudah tenar dan terkenal di Penang dari dulunya, seperti Nasi Kandar Beratur yang ada di samping Mesjid Kapitan Keling (buka muai dari jam 10 malam), Nasi Kandar Line Clear, Cendhul yang ada di Penang Road, Asam Laksa Air itam, dan lain-lain. Eh ya, untuk yang nginap di sekitar Chulia Street bisa juga datang ke New Lane (Lorong Baru), street food-nya juga dijamin bakal bikin lupa diet. Namun perlu diingat, dikarenakan mayoritas penduduk Penang adalah Tionghoa, maka pastikan kehalalan makanan yang dibeli ya.
  
New Lane Hawker Center, di dekat Lebuh Chulia


Gurney Drive, di sebelah Gurney Plaza


5. Transportasi Keliling Kota

Ada beberapa opsi yang bisa kita pilih untuk keliling kota:

a. Bus Rapid Penang
Bus Rapid Penang melayani semua rute daerah yang ada di Pulau Pinang. Pembayarannya bisa secara tunai dan juga bisa menggunakan kartu Touch n Go. Jika membayar dengan uang tunai, sediakanlah uang pas ya, karena dijamin gak akan ada uang kembalian.

b. Bus CAT
Nah, jika ingin keliling-keliling tanpa keluar biaya, naiklah bus Rapid Penang CAT (Central Area Transit). Cukup tunggu bus nya di halte yang ada tanda CAT nya, lalu bus tersebut akan membawamu ke tempat-tempat wisata populer yang ada di Penang.

c. Bus Hop On Hop Off (HOHO)
Hop On Hop Off
Di Penang juga ada bus Hop On Hop Off. Bus HOHO ini memiliki dua rute yaitu City Route dan Beach Route. City Route akan berkeliling dimulai dari pusat kota George Town dan destinasi-destinasi wisata yang ada di sekitar pusat kota Penang. Sementara Beach Route akan melewati pantai-pantai terkenal yang ada di Penang. Titik pertemuan kedua rute ini adalah di Gurney Drive. Ongkos Bus HOHO ini untuk wisatawan asing adalah 45 MYR untuk tour 1 hari, 79 MYR unttuk tour 2 hari.


d. Sewa Motor


Pilih sepeda yang ada keranjangnya, buat naro perintilan
Salah satu cara favorit saya untuk eksplor suatu tempat adalah dengan sepeda motor. Di Penang juga banyak tempat penyewaan sepeda motor yang bisa kita gunakan. Harga sewanya hanya 30 MYR saja untuk 1 hari, di luar bensin ya. Biasanya motor akan diserahkan dengan kondisi bensin full, dan tentu saja kita juga harus mengembalikan motor dengan bensin yang full juga. Jangan khawatir kalau belum punya SIM Internasional, SIM Indonesia saja cukup kok. Tapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan bermotor lainnya ya, seperti helm dan surat menyuratnya.

e. Sewa Sepeda

Akan banyak sekali kita temui tempat penyewaan sepeda di Penang, harga sewa nya juga murah, mulai dari 10 MYR saja. Model sepedanya juga macam-macam, sepeda biasa yang roda 2, sepeda roda 3, dan sepeda tandem. Di Penang, para pengguna jalan raya sangat menghormati pengendara sepeda loh, jadi gak usah takut bakal direntet klakson seperti di Indonesia.

f. Naik Becak Wisata

Becak wisata juga sangat mudah ditemui di George Town. Lihat saja becak-becak berbunga-berbunga dan warna-warna yang atraktif. Harga becak wisata ini cukup terjangkau lah, 20 MYR untuk jangkauan rute yang lebih sedikit dan 40 MYR untuk jangkauan rute yang lebih jauh.

Rickshaw atawa Becak wisata Penang

6. Rumah Sakit

Bagi sebagian orang, Penang adalah destinasi berobat, karena memang dari dulu Penang sudah terkenal memiliki beberapa rumah sakit yang bagus dan didukung oleh tim medis yang bagus juga. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh rumah sakit-rumah sakit tersebut untuk warga Indonesia yang ingin berobat ke sana. Silahkan klik berobatkepenang.com untuk mempersiapkan sebelum berangkat ke Penang. berobatkepenang.com ini adalah perwakilan dari beberapa rumah sakit yang ada di Penang, seperti Gleneagles Penang, Pantai Hospital Penang, dan lain-lain.

Itulah beberapa panduan yang bisa saya share bagi traveller yang pertama kali datang ke Penang, Malaysia. Baca juga postingan saya mengenai Panduan Travelling ke Kuala Lumpur, tips lain seperti air minum, toilet, colokan listrik, dan lain-lain juga sama antara Kuala Lumpur dan Penang.

No comments:

Post a Comment

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...