Wednesday, December 26, 2018

Cara Irit ke Krabi dari Phuket



Seperti yang saya ceritakan di post yang sebelumnya, saya akan melanjutkan perjalanan ke Krabi, masih pinggiran selatan-nya Thailand. Sama seperti di Phuket, di Krabi saya juga akan stay selama 3 hari 2 malam, termasuk perjalanan datang dan pergi. Pada blogpost ini saya akan menjelaskan step by step-nya saya ke Krabi dengan ongkos yang sangat irit. 



Ada 2 opsi yang bisa kita gunakan untuk mencapai Krabi dari Phuket, laut atau  darat. Via laut, kita bisa menggunakan ferry yang nanti juga akan melewati Phi-Phi, ongkosnya sekitar 820 Baht (bisa beli lebih murah di sini), ongkos yang menurut saya cukup mahal. Jika via darat, kita bisa menggunakan mini-van dan bus. Harganya 600 Baht untuk mini-van, kita akan dijemput ke hotel dan akan diantar di hotel di Krabi nanti. Nah, ongkos yang paling murah adalah dengan menggunakan bus, ya memang dibanding dengan pilihan lainnya, cara ini agak sedikit ribet. Bus tersebut berada di Terminal 2 (di Phuket ada 2 terminal, yaitu terminal 1 dan terminal 2). Berikut akan saya jelaskan step by step untuk bisa sampai ke terminal 2 tersebut dari Patong tempat saya stay.
  1. Step 1 : Naik Songtheaw (bis) warna biru dari Patong Beach, tepatnya di depan pos polisi Patong. Jangan lelah menunggu ya, karena memang songtheaw ini hanya lewat 1 jam sekali. Songtheaw ini tidak akan melewati terminal 2. Jadi sebelum naik, jangan lupakan sampaikan kepada supirnya kalau kita ingin ke terminal 2, supaya nanti bisa diturunkan di jalur songtheaw lanjutan yang akan mengantar kita ke terminal 2. Ongkos songtheaw biru ini hanya 20 Baht saja. 

    Songtheaw dari Patong ke Phuket Town


    Penampakan di dalam songtheaw
  2. Step 2 : Sambung naik songtheaw pink. Songtheaw biru tadi akan menurunkan kita di sebuah bundaran yang ada di Phuket Town. Tunggulah songtheaw pink di sana, jangan sampai tergoda dengan tawaran tukang ojek, bukan apa-apa sihh, karena kalau saya pribadi di Indonesia saja agak sedikit was-was menggunakan ojek yang tidak dikenal, apalagi di negara orang. Ongkos songtheaw pink ini hanya 15 Baht saja. Jangan lupa bilang ke supirnya, jika kita ingin turun di terminal 2 atau terminal bus ke Krabi, karena songtheaw pink ini juga akan melewati terminal 1.

    Songtheaw pink

    Di bundaran ini menunggu songtheaw warna pink yang ke terminal 2
  3. Step 3 : Cari bus ke Krabi. Sesampainya di terminal, cari loket penjualan tiket bus ke Krabi. Ada beberapa pilihan bus untuk ke Krabi, silahkan pilih sendiri nanti mau bus yang mana. Bus berangkat tepat waktu, pastikan menunggu di platform yang tepat supaya tidak sampai ketinggalan bus. Ongkos bus ke Krabi hanya 120 Baht. Bus nya sangat nyaman, AC dingin, dan full wifi. Jalanan yang dilalui juga sangat bagus, tidak berlubang atau bertambal seperti jalanan di lintas timur Sumatera. Perjalanan dari Phuket ke Krabi sekitar 2,5 jam.

    Phuket Bus Terminal 2

    Bus ke Krabi
Jadi, total perjalanan saya dari Phuket ke Krabi menggunakan bus hanya 155 Baht atau sekitar 67 ribu Rupiah saja, saya bisa hemat sekian ratus Baht jika saya menggunakan ferry maupun mini-van. 




No comments:

Post a Comment

Sehari di Malaka, Kemana Aja? (Destinasi Wisata Melaka)

Setelah dari Penang, perjalanan saya lanjutkan ke Malaka, menggunakan bus. Perjalanan kurang lebih 7 jam, dengan ongkos 50 MYR. Saya amb...