Wednesday, November 28, 2018

Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Phuket



Setelah nyaris seminggu di Singapura, perjalanan saya lanjutkan ke negara yang berjuluk Gajah Putih, Thailand. Kali ini, saya membidik Thailand bagian selatan yang terkenal dengan keindahan Laut Andaman-nya. Dalam itinerary yang saya susun, saya akan menghabiskan seminggu perjalanan overland di negara ini. Diawali dari Phuket, dilanjutkan ke Krabi, dan berakhir di Hat Yai nantinya. Pada blogpost ini, saya akan menceritakan perjalanan solo saya di Phuket, sedangkan untuk Krabi dan Hat Yai akan saya tulis di blogpost selanjutnya. Enjoy it :)
Jika ditanya apa/siapa yang menjadi ilham saya untuk berkunjung ke Phuket, maka Leonardo Dicaprio adalah yang paling bertanggung jawab sebagai jawaban saya. Bermula dari film "The Beach" yang dilakoni oleh aktor ganteng itu, yang kemudian menjadi mimpi kecil di dalam dada saya yang kemudian saya coba untuk wujudkan. Sukurlah, beberapa tahun setelah film itu menjadi film favorit saya, saya pun bisa menginjakkan kaki di Phuket, Alhamdulillah. Berikut, beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum ke Phuket:
  1. Tempat untuk Stay, Pulau Phuket ini cukup luas, ada 2 tempat favorit untuk tempat stay para traveller, yaitu Patong dan Phuket Town. Jika kamu pencinta kehidupan malam dan segala macam hiburannya, maka Patong adalah tempat terbaiknya. Namun, jika kamu senang dengan tempat yang tidak terlalu ramai, pilihlah Phuket Town.
  2. Harga Penginapan Terjangkau, Namun Makanan Terbilang (Lebih) Mahal. Walaupun telah menjadi destinasi wisata dunia yang terus ramai sepanjang tahunnya, namun harga penginapan di Phuket terbilang cukup terjangkau. Saya mendapatkan hostel yang sangat bersih dan berada di pinggir jalan raya dan dekat kemana-mana dengan harga 90 ribu Rupiah aja semalam, nama hostelnya Sea Horse Hotel Phuket. Namun demikian, dibandingkan Bangkok, untuk makanan, Phuket saya nilai sedikit lebih mahal. Untuk seporsi medium Thom Yum saya harus membayar 150 - 200 Baht, serta menu-menu lainnya juga lebih mahal.
  3. Bukan Destinasi Belanja, tapi Destinasi Layanan. Walau Thailand terkenal sebagai destinasi belanja murah meriah, tapi jangan harapkan hal ini di Phuket. Jika dibandingkan dengan Bangkok, barang-barang di Phuket ditawarkan dengan harga lebih mahal. Akan tetapi, untuk urusan pelayanan, Phuket adalah surganya. Pijat, pedikur, menikur, hairstyling, dan lain-lain dapat dengan mudah ditemukan di sini.
  4. Night Life-nya Juara, Alkohol Murah Meriah. Kalau soal night life jangan ditanya, Phuket sudah terkenal kemana-mana. Ada Bangla Road, dimana beragam hiburan malam bisa kita temukan, mulai dari PingPong Show, Thai boxing, dan lain-lain. Hal lain yang bisa kita temukan dengan mudah dan murah adalah alkohol, harganya sangat terjangkau dibanding di Indonesia. 






  5. Transportasi Umum Cukup Sulit. Untuk para traveler yang tidak mengandalkan travel agent, akan sedikit kesulitan jika mengandalkan transportasi umum. Maka saya anjurkan untuk menyewa sepeda motor saja. Harga sewa sepeda motor di Phuket beragam, mulai dari 150 Baht ke atas per 24 jam, tergantung jenis motornya, semakin baru motornya semakin mahal harganya. Syarat untuk menyewa motor juga macam-macam, ada yang harus meninggalkan paspor, ada yang cukup dengan fotokopi paspor saja. Soal SIM, di Phuket cukup SIM Indonesia saja, tidak harus SIM internasional. 
  6. Petunjuk Jalan Sangat Jelas. Walau Solo Traveler, jangan takut nyasar di Phuket, karena petunjuk jalannya sudah sangat jelas. Jika pun terpaksa harus bertanya kepada penduduk lokal, mereka juga akan dengan sangat senang menunjukkan jalan dan alamat yang dituju.
  7. Membeli Paket Tour. Jangan khawatir jika kamu belum membeli paket tour sebelum ke Phuket, karena sepanjang jalan akan banyak sekali kamu temukan pedagang yang menjajakan paket tour dengan harga yang bervariasi. Ingat, harga yang tertera di brosur belum lah harga final, jangan takut untut menawar harganya ya.
  8. Aman untuk Solo (Female) Traveler. Phuket sangat aman untuk Solo Female Traveler. Di beberapa provinsi tersebut saya traveling solo, tidak ada masalah berarti. Saya jalan kemana-mana menggunakan transportasi umum dan juga menyewa motor, Alhamdulillah tidak ada yang pernah mengganggu.
  9. Transportasi dari dan ke Bandara. Karena saya stay di Patong, maka saya hanya bisa menjelaskan dari dan ke Patong saja. Dari Bandara sebaiknya menggunakan minivan yang banyak berjejer di depan gate kedatangan, harganya 180 Baht dan sudah diantar sampai ke penginapan. Nanti akan berhenti di sebuah kantor tour agent dan kamu akan ditawari paket-paket wisata di Phuket, jangan sampai tergiur ya, karena harga di sana jauh lebih mahal di banding yang dijajakan di sepanjang jalan Patong nanti. Sebaliknya, jika ingin ke Bandara dari Patong bisa dengan cara membooking minivan dari hotel maupun dari pedagang-pedagang yang menjual paket tour di sepanjang jalan, harganya sama, 180 Baht.
Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum traveling ke Phuket, prepare sebaik-baiknya ya.

4 comments:

  1. Kalau di Phuket sewa kapal buat island hopping berapa ya, Mbak? Pengen ke Phuket, tapi tertarik Krabi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa kapal untuk private kah mba?? wah, saya kurang ngerti kalau untuk private. Tapi kalau untuk join grup hoping island itu bervariasi mba, tergantung destinasi yang mau didatangi apa saja dan menggunakan kapa apa. Ada kapal kayu dan kapal cepat, kalau kapal kayu harganya lebih murah. Untuk destinasi yang paling favorit itu ya Phi Phi Island dan James Bond Island. Tergantung kemahiran nawar juga sih, ada teman traveler kemarin itu dpat harga 650 Baht untuk kapal kayu, ada yang 800 Baht. Harus tega nawar di sana mba

      Delete
  2. Wah kemarin mau ke Phuket tapi nggak jadi :" semoga next trip bisa ke sana, mau coba solo traveling ke sana juga ah kaykanya seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau solo travelling ke sini harus tabah2 ya mba, destinasi honeymoon juga loh ini, jangan sampe mupeng haha

      Delete

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...