Wednesday, October 24, 2018

Tempat Wisata Gratis di Singapura dan How to Get There (Part 2)


Menyambung postingan sebelumnya mengenai tempat wisata gratis di Singapura, kita lanjutkab ya...! Jangan lupa baca dulu urutan 1 - 7 nya pada part 1 ya, disini.

8. Singapore Botanic Gardens
Walaupun tidak luas, Singapura juga memiliki taman raya loh. Posisi tamannya pun ada di tengah kota dan sudah ada sejak tahun 1859. Jam bukanya juga sangat panjang yaitu dari jam 05.00 pagi hingga jam 12.00 malam. Mungkin bisa dibilang, Singapore Botanic Garden ini adalah satu-satunya taman di dunia yang buka hingga tengah malam gitu dan tanpa dipungut biaya masuk alias gretong. Ada banyak sekali jenis flora dan fauna yang bisa kita temui disini. Biasanya taman ini dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding atau sekadar tempat hunting foto bagi pecinta fotografi, karena memang suasananya yang sangat asri sekali. Selain itu, kita dapat menghabiskan waktu dengan sekedar duduk-duduk di bangku yang banyak tersedia di antara rimbunnya pepohonan, dijamin rongga dada akan terasa lega ketika berada di taman ini. Jika ingin ek Orchard Road, ikuti saja petunjuk jalan yang akan mengarahkan kita ke pintu keluar ke arah Orchard Road, kemudian tinggal sambung naik bus.


How to get to Singapore Botanic Garden
Jika naik MRT, maka turunlah di stasiun MRT Singapore Botanic Garden (jalur kuning)

9. Orchard Road
Buat pecinta wisata belanja, wajib hukumnya singgah ke Orchard Road. Kenapa?? karena di Orchard Road kita bisa menemukan deretan mall-mall yang menjajakan beraneka ragam barnag-barang kelas dunia. Untuk yang sekedar ingin nongkrong sambil mencicipi kuliner juga bisa sih, jangan lupa juga sambil berfoto dengan latar belakang gedung-gedung mall dan hotel mewah. Oiya, ada es krim uncle juga yang bisa kita beli di pinggiran Orchard ini loh, harganya hanya $1 saja.



How to get to Orchard Road
Naik MRT jalur merah dan turun di stasiun MRT Orchard Road yang berada di bawah Ion Lucky Plaza. Atau jika sedang di Singapore Botanic Garden dan ingin melanjutkan ke Orchard Road, tinggal mengikuti arah penunjuk jalan ke exit gate yang keluar di Orchard Road, dan naiklah bus dari halte yang ada di depan Gleneagles Hospital.

10. Chinatown
Sama hal nya seperti pecinan lainnya, Chinatown Singapura ini tentu juga akan bernuansa Tiongkok juga. Namun tidak saja hal itu yang bisa kita temui di sini, diantaranya : tempat shopping, kuil, vihara, museum, dan kuliner. Bagi pecinta belanja, jangan sampai melewatkan belanja di Chinatown, karena di sini banyak pedagang souvenir dengan harga murah yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Selain itu yang paling menarik, di Chinatown ada sebuah toko yang khusus menjual pernak-pernik serba Tintin, itu loh tokoh komik anak-anak yang terkenal itu. Untuk kalian penggemar serial Tintin, toko ini lah surganya.
 
Semarak Chinatown
 
Shri Mariamman Temple
 
Budha Tooth Relic Temple
 
Masjid Jamae Chulia
Setelah puas belanja, perjalanan bisa dilanjutkan ke Budha Tooth Relic Temple and Museum, sebuah vihara tempat ibadah umat Budha yang sekaligus menjadi museum bersejarah. Nama vihara ini diambil dari benda yang dianggap oleh umat Budha sebagai gigi taring Sang Budha yang konon ditemukan di India. Setelah dari Budha Tooth Relic Temple and Museum, perjalanan bisa kita lanjutkan ke Shri Mariamman Temple, sebuah kuil Hindu tertua yang ada di Singapura. Jangan lupa untuk melepas alas kaki ketika masuk ke kuil ini ya. Jika sedang beruntung, maka kita bisa menemukan umat Hindu yang sedang melakukan upacara agama juga. So, jaga sikap juga :)

Satu hal yang sangat menarik perhatian saya adalah, tidak jauh dari Kuil Shri Mariamman Temple, ada sebuah mesjid yang bernama Mesjid Jamae Chulia. Kabarnya mesjid ini juga berumur sama tua -nya dengan kuil Shri Mariamman yang telah ada dari abad ke-19. Kenapa mesjid ini menarik perhatian saya?? Ya, saya merasa wow aja, kuil dan mesjid saja sudah "berbeda", tambah lagi mereka berdiri damai di lingkungan pecinan yang tentu saja berbeda dari mereka. Luar biasa :)

How to get to Chinatown Singapura
Naik MRT dan turun di stasiun MRT Chinatown, kemudian keluar ke arah Pagoda Street (Exit A)

11. Chinese Graden dan Japanese Garden
Chinese Garden dan Japanese Garden sama-sama berada di Kawasan Jurong East. Seperti namanya, kedua taman ini sangat kental sekali nuansa tradisionalnya. Nikmati nuansa Kaisar Tiongkok di Chinese Garden dengan patung-patung, pagoda, bangunan, dan ornamen-ornamennya yang akan membuat waktu terasa kurang untuk mengitari taman seluas 13,5 Hektar tersebut. Taman Bongsai-nya juga tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi karena ada lebih dari 100 jenis bongsai dari berbagai negara ada di kebun ini. Lanjutkan lagi ke nuansa Jepang yang ada di Japanese Garden yang berada di sebelah Chinese Garden. Tidak jauh beda dari taman di sebelahnya, seluruh bangunan dan ornamen yang ada di taman ini juga sangat terasa nuansa tradisional-nya. Kedua taman ini sangat luas dan harus di eksplor dengan berjalan kaki, jadi untuk kalian yang ingin berkunjung ke kedua taman ini, siapin stamina maksimal, alas kaki yang nyaman, air minum, dan sunblock ya.




How to get to Chinese/Japanese Garden
Naik MRT dan turun di stasiun MRT Chinese Garden

10. Henderson Waves Bridge
Yap, persis seperti namanya, struktur arsitektur jembatan ini emang menyerupai ombak yang bergelombang. Posisinya cukup tinggi dari permukaan tanah, kurang lebih 36 meter. Jadi, untuk bisa sampai ke jembatan ini, kita harus naik anak tangga yang tingginya setara dengan gedung 12 lantai. Karena berada di outdoor, maka jembatan ini akan sangat terik sekali di siang hari. Maka waktu paling tepat untuk datang ke jembatan ini adalah pada pagi-pagi sekali atau pada sore hari.


How to get to Henderson Waves Bridge
Jembatan ini berada tidak terlalu jauh dari Vivo City Mall, maka kalau kita naik MRT, turunlah di Stasiun Harbour Front. Kemudian keluar dan keluar dari Exit C dan jalan menuju halte bus. Dari halte bus yang ada di depan Vivo City Mall, naik bus no. 145 atau 131, cuma 2 stop saja sudah sampai, dan dari bus stop itu sudah kelihatan. Kita tinggal menyeberang jalan, menaiki anak tangga, dan mengikuti petunjuk arah. 

Itulah beberapa tempat wisata gratis yang ada di Singapura. Bagi kalian yang berkantong tebal, pilihan wisata di Singapura jauh lebih banyak lagi. Tapi bukan berarti yang berkantong ceking ga bisa ya. Singapura sangat pintar "menjual" wisata negaranya. Walaupun negara berukuran mini, tapi tetap saja tidak pernah sepi wisatawan.

No comments:

Post a Comment

Cara dari Vietnam ke Kamboja Via Darat (Bus)

Setelah semalam di Ho Chi Minh City (HCMC) atau yang dulunya disebut juga dengan nama Saigon, tujuan saya selanjutnya adalah negara tet...