Saturday, October 13, 2018

Tempat Wisata Gratis di Singapura dan How to Get There (Part 1)


Singapura memang terkenal sebagai negara yang "tidak murah", hampir seluruh hal yang ada di Singapura itu mahal. Namun demikian,tidak menutup kemungkinan bagi traveler berkantong tipis untuk bisa menikmati liburan di sana. salah satu caranya adalah dengan mendatangi tempat-tempat wisata gratis yang banyak tersedia di sana. Berikut tempat-tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi di Singapura.

Baca Juga : Panduan Backpacking ke Singapura Bagi Pemula

Tips melewati imigrasi Singapura ada di sini

1. Merlion Park

Tempat ini adalah tempat yang paling ikonik dengan Singapura. Belum ke Singapura kalau belum ke berfoto dengan patung singa putih yang ada di tempat ini. Apa yang bisa dilakukan di sini? Narsis lah jawabannya, berfoto dengan berbagai pose aneh juga sangat memungkinkan. 
How to get to Merlion Park :
Turun di stasiun MRT Raffles Place, kemudian pilih exit yang ke Merlion Park. Begitu keluar dari exit tersebut, belok kanan dan susuri sungai. Nanti akan lewati Cavanagh Bridge (jembatan tertua di Singapura), terus lagi akan melewati Fullerton Hotel. Terus saja sampai ke jalan besar, menyeberang jalan, dan terus saja jalan sampai ke area Merlion Park. Sekitaran Cavanagh Bridge dan Fullerton Hotel ini juga sangat banyak spot foto yang instagramble. Eh, jangan lupa beli es potong khas Singapura yang ada di dekat Cavanagh Bridge ya, cuma $1. 

2. Sentosa Island

Di Sentosa Island, kita bisa menemukan wahana-wahana bermain berbayar untuk berbagai usia. Akan tetapi kita tetap bisa menikmati kawasan wisata ini dengan gratis. Kita bisa berfoto di depan bola dunia Universal Studio dan di depan Sentosa Merlion, main di Siloso Beach, Palawan Beach, dan Tanjong Beach, dan nature walk di boardwalk bernuansa nature dengan pepohonan hijau di sepajang jalan.
How to get to Sentosa Island :
Turun di stasiun MRT Harbourfront, ada 4 cara untuk mencapai Sentosa Island dari sini. Bisa naik bus RWS 8 dari halte Vivo City ($2), naik monorail Sentosa Express dari Vivo City Mall lantai 3 ($4), naik cable car dari gedung Harbourfront tower 2 ($29 dewasa/$18 anak-anak - sudah termasuk entry ke Sentosa dan cable car museum). Dan cara yang paling irit adalah dengan berjalan kaki via Sentosa Broadwalk, dari stasiun MRT Harbourfront naik ke Vivo City Mall, ambil ke arah Waterfront Promenade. Dari situ tinggal jalan menyusuri Sentosa Broadwalk sambil lihat-lihat pemandangan. Jangan takut panas/hujan/capek karena Sentosa Broadwalk ada canopy dan travelator-nya. 

3. Bugis Street

Bugis Street ini terkenal sebagai tempat belanja murah di Singapura, kita bisa membeli souvenir, fashion, maupun coklat/makanan lainnya. Untuk belanja coklat/snack Singapura saya rekomendasikan Toko ABC, coklat/snack di toko ini mulai dari harga $1, hati-hati kalap :D. Jalan terus menembus Bugis Street, kita bisa menemukan Hawker Albert Center, foodcourt murmer idola traveler berkantor tipis, disini makanan bisa dibeli mulai dari harga $2. Selain di Bugis Street, kita juga bisa belanja di Bugis Junction, terkenal murah meriah juga.
How to get to Bugis Street :
Turun di Stasiun MRT Bugis kemudian ikuti petunjuk arah.

4. Sultan Mosque









Hanya berjalan kaki sekitar 10 menit dari Bugis Junction, kita bisa menemukan Sultan Mosque, mesjid pertama yang dibangun di Singapura. Masih satu wilayah dengan Sultan Mosque (Arab Street), sekalian bisa foto-foto cantik di Haji Lane, jalan kecil tapi keren dengan lukisan grafiti di sisi kiri-kanannya, dipercantik dengan Chinese Shophouse yang usianya sudah berabad-abad namun masih terawat yang kini dimanfaatkan menjadi cafe, butik, ataupun tempat nongkrong. Khusus buat kamu pemburu kuliner, di depan Sultan Mosque, ada sebuah restoran halal bernama Zam-Zam Restaurant, katanya sudah berdiri dari tahun 1908, menu-menunya bernuansa timur tengah namun dengan harga yang terjangkau.

5. Clarke Quay

Clarke Quay adalah tempat nongkrong yang paling nge-hits di Singapura. Tempat ini berada di pinggiran sungai, konon katanya CQ dulu merupakan pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan pada masa kolonial Inggris. Kalau datang siang hari, CQ hanyalah tempat jalan-jalan santai pinggir sungai biasa. Maka waktu yang paling tepat untuk mengunjungi CQ adalah pada malam hari, karena tempat ini akan menggeliat dan gemerlapan yang kemudian menjadikannya tempat untuk menghabiskan malam yang tepat di Singapura. Cafe, restoran, bar, club, dan tempat nongkrong lainnya siap untuk menemani malam kita. Untuk soal harga makanan dan minuman di CQ memang sedikit lebih mahal. Tapi jangan khawatir untuk yang berkantong tipis, anda bisa nongkrong di CQ kok, caranya dengan beli minuman kaleng di Sevel yang ada di ujung jembatan trus duduk-duduk di pinggiran sungai :D
How to get to Clarke Quay:
Naik MRT jalur ungu dan turun di stasiun MRT Clarke Quay

6. Gardens by the Bay

Garden by the Bay adalah sebuah taman seluas 100 hektar yang berada di belakang Marina Bay Sands Hotel. Disini ada beberapa wahana konservasi tumbuhan namun berbayar, seperti : Cloud Forest, Flower Dome, dan Supertrees. Tapi don't worry, kalau cuma jalan-jalan disekitarnya (out door) gratis kok. Disarankan untuk datang ke tempat ini pada sore hari (menjelang malam), karena kalau siang hari itu akan sangat panas sekali. Selain itu pada malam hari (jam 19.45 dan 20.45) ada laser show "Garden Rhapsody" dengan iringan musik yang sangat menghibur sekali di area Supertree Groove.
How to get to Gardens by the Bay :
Naik MRT jalur kuning, turun di stasiun Bayfront dan keluar di exit B. Atau bisa juga turun di stasiun Tanjong Pagar dan keluar di exit C, kemudian sambung menggunakan bus No. 400 dan turun di bus stop Marina Gardens Drive.

7. Marina Bay Sands
Setelah menikmati Garden Rhapsody di Supertree Groove, Gardens by the Bay, jangan langsung pulang ke hotel. Tapi menyeberanglah ke Marina Bay Sands Hotel, karena disana akan ada laser and water show yang hanya akan tampil setiap jam 20.00 dan 21.00 saja. Pertunjukan air dan laser ini ga hanya sekedar permainan lampu dan air saja, ada jalan ceritanya gitu, jadi akan menjadi pertunjukan yang menarik buat anak-anak.

10 comments:

  1. Wah makin pengen ke Singapura nih, baru suamiku saja kesana gratis dibayarin kantornya heuheu

    ReplyDelete
  2. Singapura emg wisata luar negeri yg plg murah meriah dan dekat

    ReplyDelete
  3. sewaktu ke singapura, saya gak neu jalan haji lane huhu.. malah baru tau kalau ada jalan yang instagramabel macam itu. kapan kapan kesaa deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ke Sultan Mosque ga mba??? Kalau iya, udah dekat banget itu, tinggal jalan kaki aja, ikutin aja orang yang jalan rame gitu :D

      Delete
  4. Museum di Singapura juga banyak yang gratis, lo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya mba, belum sempat main ke museum kemarin itu, ini cuma tempat-tempat yang saya datangi aja :)
      Terimakasih masukannya mba, semoga lain waktu bisa main ke museum

      Delete
  5. Thank you for sharing! Penting nih untuk diketahui orang-orang, trik-trik gratis seperti ini. Tambahan lagi, Marine Cove Playground di East Coast Park juga destinasi wisata gratis yang wajib dikunjungi, apalagi kalau liburan bersama anak-anak. Itu taman bermain outdoor untuk segala umur (bahkan saya yang orang dewasa pun merasa taman bermain ini seru). Lokasinya di taman dekat pinggir pantai gitu, jadi selain main di playground juga bisa main sepeda, sepatu roda, voli pantai, atau sekadar duduk-duduk aja di pinggir pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dapat referensi baru lagi nih, semoga lain waktu bisa mampir ke Marine Cove Playground, terimakasih mba :)

      Delete

Cara ke Malaka dari Dumai, Kuala Lumpur, dan Penang

Dari Hat Yai (baca report-nya  di sini ), kami balik ke Penang. Destinasi selanjutnya adalah, Melaka, kota di Malaysia bersama Pen...