Tuesday, August 7, 2018

Jangan Keliru, Asian Games atau Sea Games??

Tahun 2018 ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah pesta olahraga Asian Games, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Banyak orang yang berasumsi bahwa event olahraga ini sama dengan Sea Games yang berlangsung di Malaysia pada Agustus 2017 lalu. Sekilas memang kedua event olahraga antar negara ini terdengar sama, namun sebenarnya sangatlah berbeda. Apa saja bedanya? Yuk, lanjut baca di uraian berikut.

Asian Games 2018 di Indonesia
Sea Games adalah singkatan dari Southeast Asian Games. Dari singkatan tersebut kita bisa tahu bahwa event tersebut scope-nya hanya di Southeast Asian (Asia Tenggara) saja. Sehingga dapat dipastikan bahwa peserta event Sea Games ini hanyalah negara-negara yang berada di Asia Tenggara saja, seperti : Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan 7 negara lainnya (CMIIW). Sementara Asian Games merupakan pesta olahraga yang diselenggarakan untuk negara-negara yang berada di Benua Asia. Lebih dari 40 negara ikut andil meramaikan event olahraga ini. So, Asian Games memiliki event yang lebih besar dibanding Sea Games.
Tim Indonesia di Sea Games 2017 Malaysia (Sumber Foto)
Baik Sea Games maupun Asian Games sama-sama dilaksanakan secara periodik setiap beberapa tahun sekali. Sea Games diadakan setiap dua tahun sekali, tepatnya pada hitungan tahun ganjil. Sedangkan Asian Games diadakan setiap empat tahun sekali, pada hitungan tahun genap yang tidak bertepatan dengan pelaksanaan Olimpiade.

Pihak penyelenggara kedua event olahraga ini juga berbeda, jika Sea Games diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation (Federasi Olahraga Asia Tenggara), maka Asian Games dipertanggungjawabkan oleh Olympic Council of Asia (Komisi Olimpiade Asia).

Demikianlah beberapa perbedaan antara Sea Games dan Asian Games, namun demikian kedua event ini bertujuan sama yaitu untuk mempererat persaudaraan antar negara-negara yang ada di Asia Tenggara maupun di Benua Asia. 

2 comments:

  1. Hihi... iya banget. Banyak yang salah ngira. Habis pelafalannya mirip2. Asian atau Asean Games.. dulu aku juga begitu. Tapi setelah banyak menulis tentang Asian Games nggak latah lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, bener banget mba, sekilas memang terdengar sama :D

      Delete

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...