Monday, July 30, 2018

Tempat Wisata di Batam

Selama ini, dalam pikiran kita, kalau ke Batam harus dimanfaatkan untuk belanja barang-barang import dengan harga lebih miring dibanding harga yang ada di pasaran. Namun, sangat disayangkan jika datang ke Batam hanya dihabiskan untuk berbelanja saja, karena banyak juga destinasi-destinasi pariwisata yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi ketika ke Batam. Yuk simak beberapa tempat yang wajib kamu singgahi ketika ke Batam..!!
Baca dulu : Tempat-Tempat Belanja Murah di Batam

1. Pantai
Sebagaimana kita ketahui, Batam adalah sebuah pulau, tentu saja dikelilingi oleh lautan dengan pantai-pantainya. Namun jangan bayangkan pantai-pantai yang mengelilingi Pulau Batam serupa dengan pantai-pantai di sekitar Pulau Bali atau Lombok. Pantai-Pantai di Batam memiliki karakteristik sendiri, namun tidak mengurangi keindahan pantai itu sendiri. Ada beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi selama di Batam, diantaranya :

Pantai Nongsa
Pantai ini adalah pantai yang paling mudah untuk dikunjungi, karena berada cukup dekat dari Bandara. Selain itu, banyak terdapat penginapan berbagai rate di sekitaran pantai ini, sehingga pantai ini dapat dijangkau hanya dengan jalan kaki. Dari pantai ini kita dapat melihat negara jiran, Singapura dengan jelas, karena memang jaraknya yang sangat dekat. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang cukup tenang, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat bermain keluarga.
 
Pantai Nongsa (Sumber Foto)
 
Pantai Marina (Sumber Foto)
 
Pantai Ocarina (Sumber Foto)





Pantai Marina
Pantai Marina berada di sebuah resort mewah bernama Resort Marina Water Front City. Pantai ini sudah dikelola dengan baik, sehingga sudah tersedia cukup banyak fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung. Tersedia juga restoran-restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan. So, buat yang ingin berwisata sekaligus menyicipi kuliner Batam, pantai ini adalah destinasi yang tepat.

Pantai Ocarina Coastarina
Kalau di Jakarta ada Ancol, maka di Batam ada Coastarina. Kenapa disandingkan dengan Ancol?? Ya karena pantai ini hampir serupa dengan Ancol yang menyediakan banyak sekali fasilitas permainan untuk pengunjungnya. Pantai ini berlokasi di seberang Terminal Ferry Internasional Batam Center.

Pantai Pulau Abang
Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di Kecamatan Galang, Kota Batam. Pulau Abang memiliki keindahan bawah laut yang tidak bisa dipandang sebelah mata, maka seringkali dijadikan destinasi wisata bawah air. Untuk menuju pulau ini, kita harus menyeberang menggunakan kapal-kapal kayu kecil (boat pompong) dari Jembatan 6 Barelang.

2. Dataran Engku Putri
Singkatnya, Dataran Engku Putri ini adalah alun-alunnya Kota Batam. Tak ubahnya seperti alun-alun yang ada di kota lain di Indonesia, maka Dataran Engku Puteri juga menjadi tempat favorit warga kota untuk menghabiskan waktu luang. Banyak tersedia fasilitas umum di sini, yang bisa dimanfaatkan bersama. Layaknya sebuah alun-alun yang berada di tengah kota, Dataran Engku Putri juga berlokasi di tempat yang strategis yang mudah dijangkau dari segala pelosok.

Komplek Alun-Alun, Dataran Engku Puteri, dan Bukit "Welcome to Batam"
(Sumber Foto)
 3. Mesjid Raya Batam
Hanya sepelemparan batu dari Dataran Engku Putri, kita bisa sekalian singgah ke Mesjid Raya Batam, mesjid terbesar yang ada di Kota Batam . Bangunan arsitektur yang unik, membuat mesjid ini sangat worth untuk disinggahi. Atapnya yang seperti piramid emas lah yang menjadi ciri khas mesjid ini.

4. Bukit Welcome to Batam
Katanya tidaklah lengkap ke Batam kalau tidak mampir ke spot yang satu ini, Bukit "Welcome to Batam". Letaknya yang masih berada sekomplek dengan alun-alun Dataran Engku Puteri dan Mesjid Raya Batam membuat kita bisa menjangkaunya dengan mudah, cukup dengan sekali loncat saja :D. Tulisan "Welcome to Batam" tersebut dibangun di sebuah bukit yang posisinya sangat strategis, yaitu menghadap ke Terminal Feri Internasional Batam Center. Konon katanya hal ini bertujuan untuk menyambut kedatangan para wisatawan dari arah pelabuhan ini.

5. Jembatan Barelang
Jembatan Barelang adalah jembatan ikonik Kota Batam. Barelang sendiri adalah singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang ; tiga pulau besar yang dihubungkan oleh jembatan tersebut. Terdapat 6 rangkaian jembatan yang menghubungkan 2 pulau berbeda, masing-masing jembatan dinamai nama-nama raja yang pernah berkuasa di Negeri melayu-Riau. Dari ke-6 rangkaian jembatan tersebut, rangkaian pertama merupakan yang paling ramai dikunjungi.

Jembatan Barelang (Sumber Foto)

So, kalau punya kesempatan ke Batam, jangan cuma muasin hasrat belanja nya ya, tapi manjain mata juga dengan keindahan alam batam yang tidak kalah menariknya ya :)

No comments:

Post a Comment

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...