Wednesday, May 30, 2018

Kalau Ke Batam, Jangan Lupa Belanja Ya

Batam, seketika dalam pikiran orang-orang akan terkoneksi ke sebuah pulau metropolitan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dan dipenuhi oleh pekerja-pekerja industri multiras yang berpenghasilan menakjubkan. Sebenarnya pulau nya tidak terlalu luas, namun semakin dikenalnya Batam sebagai kota industri, para pendatang pun terus berdatangan dari waktu ke waktu. Hal itu lah yang menyebabkan tingkat keheterogenan yang tinggi di pulau ini. Selain dikenal sebagai kota industri, Batam juga dikenal sebagai destinasi wisata belanja. Kenapa? padahal Pulau Batam tidak dapat diakses melalui darat dari provinsi lain. Kuncinya adalah Singapura, berbatasan langsung dengan negara kaya itu, meyakinkan orang banyak bahwa barang-barang bermerk yang ada di Singapura dapat dibeli lebih murah di Batam dibandingkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia.
Berikut beberapa pusat perbelanjaan yang ternama sebagai surga belanja di Batam dan tidak boleh dilewatkan untuk didatangi ketika berada di Batam :

1. Nagoya Hill Shopping Mall
Nagoya Hill Shopping Mall adalah salah satu tempat belanja yang tidak boleh dilewatkan ketika di Batam. Di mall ini kita bisa menemukan berbagai produk bermerek dari luar negeri dan perangkat elektronik terbaru dengan harga yang bersaing. Selain itu, di mall ini kita juga bisa memanjakan diri di berbagai gerai hiburan, seperti : salon, spa, restoran, dan sebagainya. Mall ini berlokasi di Jalan Teuku Umar No.1, Lubuk Baja Kota, Kota Batam. Jam operasional Senin-Minggu dari jam 10.00 WIB hingga jam 22.30 WIB.
Nagoya Hill Shopping Mall (Sumber Foto)
2. Lucky Plaza
Lokasinya tidak terlalu jauh dari Nagoya Hill Shopping Mall, bisa dicapai dengan berjalan kaki beberapa menit saja. Di sini kita dapat menemukan toko-toko penjual aneka gadget berbagai merek baik baru maupun bekas dengan harga miring dibanding harga pasaran. Di sini juga menjadi tempat grosiran gadget bagi para pedagang gadget di kota lain. Jangan lupa untuk menawar ya, karena di sini masih dibolehkan menawar kok. Lucky Plaza beralamat di Lubuk Baja Kota, Kota Batam, jam operasional Senin-Minggu dari jam 10.00 WIB hingga jam 22.30 WIB.
Lucky Plaza Batam (Sumber Foto)
3. Batam City Square
Pusat perbelanjaan satu ini adalah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Batam, yaitu sebanyak 6 lantai. Jangan takut dengan melihat bentuk fisiknya, barang-barang yang ada di sini ditawarkan engan harga yang terjangkau. Maka tidak heran pusat perbelanjaan yang satu ini menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk sekedar window shopping maupun untuk berbelanja sekalian. Batam City Square ini berlokasi di Jalan Bunga Raya, Batu Selicin, Lubuk Baja, Kota Batam, buka setiap hari dari jam 10.00 WIB hingga jam 22.00 WIB.
Batam City Square (Sumber Foto)
4. Mega Mall Shopping Center
Salah satu pusat perbelanjaan yang cukup mudah ditemukan adalah Mega Mall Shopping Center, berada tepat di seberang Pelabuhan Ferry Batam Center. Di sini, kita bisa menemukan berbagai produk-produk ritel berbagai merek. Untuk kamu yang tidak sempat ke Singapura tapi ingin membeli oleh-oleh coklat khas Singapura, di pusat perbelanjaan yang satu ini kita dapat menemukan beragam coklat produksi negara tetangga dengan berbagai harga. Pusat perbelanjaan ini berada di Jalan Engku Putri No.1 Teluk Tering Kota Batam, jam operasional setiap hari dari jam 10.00 hingga jam 22.30 WIB.
Mega Mall- Batam Center (Sumber Foto)
5. Pasar Pagi Jodoh
Walaupun ada kata-kata jodoh, namun jangan beranggapan bahwa di pasar ini kita bisa membeli jodoh. Kata jodoh di sini adalah nama jalan dimana pasar ini berada. Pasar Pagi Jodoh adalah sebuah pasar kaget di Jalan Jodoh yang mulai buka dari subuh hingga siang. Di sini kita dapat menemukan pakaian dan perlengkapan fashion bekas yang berasal dari Singapura. Harganya juga sangat terjangkau berkisar dari belasan ribu hingga puluhan ribu saja. Namun, butuh kejelian untuk memilih barang di sini, mengingat barang-barang tersebut adalah barang bekas.
Pasar Pagi Jodoh (Sumber Foto)
6. Pasar Seken Aviari
Sama hal nya dengan Pasar Pagi Jodoh, Pasar Aviari adalah pasar yang khusus menjual barang-barang bekas. Namun bedanya, di Pasar Aviari kita bisa menemukan barang-barang bekas yang lebih variatif lagi. Tidak hanya pakaian dan perlengkapan fashion saja, namun kita juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga hingga mainan anak bekas di sana. Tidak perlu gengsi untuk berbelanja di pasar ini, karena konsumennya datang dari berbagai kalangan dan berbagai daerah. Pasar ini pun sudah di tata sedemikian rupa sehingga membuat yang berbelanja menjadi nyaman. Pasar ini berlokasi di Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji, Batam. Buka dari jam 10.00 pagi hingga malam menjelang.
Pasar Seken Aviari (Sumber Foto)
Sebenarnya masih ada beberapa pusat perbelanjaan lainnya yang dapat kita datangi di Batam. Rata-rata seluruh pusat perbelanjaan di Batam menjajakan berbagai barang-barang merek terkenal dengan harga miring. Untuk yang memiliki dompet pas-pasan, tersedia juga barang-barang branded kualitas KW super yang terkadang juga susah untuk dibedakan dengan yang asli.




2 comments:

  1. kakak sedang diBatam kah ? atau memang tinggal diBatam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo mba Sarah, engga mba, saya punya banyak saudara di Batam, sering business trip juga. Anyway, makasih udah mampir mba :)

      Delete

Air Terjun Nyarai, Wisata Anti-Mainstream di Sumatera Barat

Jam Gadang di Bukittinggi, Pantai Gandoriah di Pariaman, Istano Pagaruyung di Batusangkar, atau yang katanya mirip Raja Ampat Papua wisa...