Thursday, June 1, 2017

Cara Menghindari Bau Mulut Ketika Berpuasa

Pada bulan puasa ini, hal yang paling membuat kesal semua orang adalah bau mulut, apalagi orang-orang yang tetap harus beraktifitas dan bertatap muka dengan banyak orang. Alangkah sangat mengganggu sekali, ketika penampilan sudah oke namun aroma mulut berbau tidak sedap. Sebenarnya bau mulut ketika berpuasa sangatlah wajar, bahkan Allah pun menjanjikan bahwa bau mulut orang yang berpuasa akan menjadi aroma kesturi di akhirat nanti. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menyempurnakan penampilan dan kenyamanan pribadi, kita minimalisir masalah yang mengganggu tersebut. Pasti ada solusinya agar tetap berpuasa namun aroma mulut tetap segar.



Aroma mulut kurang sedap ketika berpuasa diakibatkan oleh berkurangnya produksi saliva (liur), sehingga bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut berkembang biak dengan cepat. Bakteri-bakteri itu lah yang memproduksi aroma tidak sedap tersebut.

Kemudian, bagaimana cara mensiasati supaya bau nafas tetap segar walaupun dalam keadaan berpuasa?? Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan :

1. Minum banyak air putih.
Walaupun di siang hari kita tidak boleh makan dan minum, namun kita tetaplah harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 8-10 gelas air. Maka, usahakanlah minum air putih yang banyak mulai dari buka hingga sahur. Meminum air putih yang banyak akan membantu meningkatkan produksi saliva (liur), tentu juga akan meminimalisir perkembangan bakteri mulut penghasil bau mulut.

2. Hindari konsumsi makanan beraroma menyengat.
Makanan yang beraroma menyengat atau kurang sedap seperti jengkol, petai, durian, dan lain-lain juga akan meningkatkan bau mulut. Oleh karena itu lebih baik buat sementara hindari dulu untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

3. Perbanyak konsumsi buah.
Sama hal nya seperti air putih, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin juga sangat membantu. Selain untuk meningkatkan produksi saliva (liur), buah-buahan juga akan membuat kita terhindar dari sariawan, otomatis juga akan menambah kesegaran aroma mulut.

4. Kurangi merokok
Asap rokok yang dihisap juga berkontribusi besar dalam menghasilkan bau mulut. Maka merupakan langkah tepat untuk mengurangi rokok selama bulan puasa, bahkan akan lebih baik lagi jika tidak usah merokok sama sekali.

5.  Sikat gigi dengan benar.
Sikatlah gigi dengan benar setiap selesai makan. Jangan lupa untuk menyikat lidah juga. Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan di lidah yang notabene juga akan menghasilkan bau mulut dan kerusakan gigi. Jikalau gigi dan lidah sudah bersih, maka aroma tidak sedap dari mulut pun akan berkurang.
6. Gunakan obat kumur.
Obat kumur (mouthwash) juga sangat membantu dalam menghilangkan bau mulut. Banyak sekali produk mouthwash di pasaran yang bisa dipilih. Namun jika ingin yang alami bisa juga menggunakan rebusan daun sirih untuk berkumur, bahkan kalau diminum akan bisa menghilangkan aroma tubuh juga.

7. Berolahraga
Berolahraga juga akan membantu menghilangkan aroma tidak sedap mulut. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja namun teratur, seperti ini. Berolahraga yang teratur akan membantu melepaskan zat-zat racun penghasil aroma bau mulut.

8. Konsultasikan ke dokter
Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, namun aroma tidak sedap dari mulut masih ada, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bau mulut bisa jadi juga diakibatkan dari dalam tubuh atau dari penyakit-penyakit tertentu. Berkonsultasi dengan yang ahli akan lebih baik.

4 comments:

  1. :D makasih sharingnyaa mbaak, bermanfaat banget. Aku uda coba no 1, 3 dan 5 mbaaak. And it works :D hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heloo mba Lucky, Alhamdulillah, terima kasih udah mampir :)

      Delete
  2. makasii ya mba sharingnya bermanfaat sekali ^^ terutama untuk mengkonsumsi buah dan air yang cukup,jadi tau kalau kelenjar air liur sangat berpengaruh pada bau mulut :)
    best regrads

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wulan, iya mba, air liur juga sangat berpengaruh. Terima kasih udah mampir, salam kenal dari Padang, cheers :)

      Delete

Sehari di Malaka, Kemana Aja? (Destinasi Wisata Melaka)

Setelah dari Penang, perjalanan saya lanjutkan ke Malaka, menggunakan bus. Perjalanan kurang lebih 7 jam, dengan ongkos 50 MYR. Saya amb...