Friday, June 9, 2017

Aplikasi Al-Quran Indonesia

Perkembangan teknologi, saat ini sangat luar biasa sekali, hampir seluruh aspek kehidupan manusia telah disentuh oleh kemajuan teknologi. Manusia telah menggunakan fasilitas berteknologi untuk kehidupan sehari-hari, termasuk aspek religi. Saat sekarang, kebutuhan religi manusia juga telah terbantu banyak dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.


Menggunakan sebuah benda kecil bernama smartphone, semua orang dapat mengunduh berbagai macam aplikasi yang bisa membantu untuk beribadah. Contohnya saja aplikasi kitab suci, setiap orang bisa mengunduh aplikasi ini sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Dengan begitu, kita dapat membaca dan memahami kitab suci kita kapanpun dan dimanapun. 

Saya termasuk salah satu pengguna benda ini, tentu saja tidak ketinggalan saya unduh berbagai macam aplikasi yang bisa membantu saya beribadah, mengingat saya adalah seseorang dengan mobilitas yang tinggi dan dengan kesibukan yang lumayan banyak. Banyak aplikasi yang bisa saya unduh, seperti aplikasi azan, aplikasi hadist, dan juga aplikasi Al-Quran. Semua aplikasi tersebut sangat membantu saya, khususnya di bulan suci Ramadhan ini.

Selama bulan Ramadhan ini, aplikasi yang paling banyak saya manfaatkan adalah aplikasi Al-Quran. Ada beberapa macam aplikasi Al-Quran yang bisa kita unduh. Yang terbaru adalah aplikasi Al-Quran yang diluncurkan oleh sebuah partai politik Indonesia pada akhir Mei tahun ini.

Saya telah mengunduh aplikasi Al-Quran Indonesia terlebih dahulu. Aplikasi Al-Quran yang satu ini dapat diunduh dari play store.  Tidak heran jika aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang pengunduh, karena aplikasi ini memang memiliki fitur yang cukup baik dan lengkap. Fitur-fitur tersebut diantaranya :


1. Lebih mudah digunakan, cukup dengan hanya menggeser layar untuk membuka surah yang diinginkan.
2. Bisa dibuka dengan mode layar landscape maupun portrait.
3. Ada pilihan pencarian surah, mau dengan daftar urutan surah atau daftar urutan juz.

4. Penanda bacaan terakhir, sangat membantu untuk melanjutkan bacaan sebelumnya.
5. Audio murottal dalam bentuk MP3.
6. Terjemahan dalam Bahasa Indonesia.



7. Ada bacaan dalam huruf latin juga.
8. Ada fitur share yang mempermudah kita untuk membagikan ayat yang sedang kita baca kepada orang lain.
9. Dan beberapa fitur-fitur pelengkap lainnya, namun tidak saya uraikan karena belum pernah saya gunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai aplikasi Al-Quran yang bisa mempermudah kita dalam beribadah, tanpa harus menyita waktu untuk aktifitas lainnya. Jadi, kalau kamu lihat saya selalu main hape, jangan berprasangka buruk dulu ya, siapa tahu saya lagi beribadah, hehehehe.

No comments:

Post a Comment

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...