Wednesday, May 3, 2017

Pemimpin

Di dalam Alquran telah dijelaskan bahwa sesungguhnya derajat semua manusia itu sama di mata Tuhan, yang membedakannya hanyalah tingkat ketakwaan mereka. Akan tetapi Allah menekankan ada perbedaan yang signifikan dalam hal kepemimpinan. Dalam Alquran diuraikan bahwa dalam hal kepemimpinan, kaum adam ditinggikan derajatnya satu tingkat dibandingkan kaum hawa.


Hal ini, dikarenakan kaum adam memiliki fitrah yang lebih stabil dibanding kaum hawa, baik secara fisik maupun secara psikologis. Hal itu juga lah yang menjadi alasan kenapa para nabi kita berasal dari kaum adam.

Demikian juga dalam kehidupan rumah tangga, laki-laki dalam hal ini suami memegang peranan sebagai kepala keluarga. Kepala keluarga berarti pemimpin dari rumah tangga tersebut, memiliki job desk yang kurang lebih sama seperti seorang pimpinan perusahaan, hanya saja dalam scope yang lebih simpel.

Dalam surah Annisa : 34, Allah menjelaskan dengan gamblang bahwa, "Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (Laki-laki) atas sebagian yang lain (Wanita), dan karena mereka (Laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka...."

Dari ayat di atas jelas terlihat bahwa laki-laki merupakan pemimpin bagi perempuan, suami adalah pemimpin bagi istri. Karena suami telah diberi kelebihan oleh Allah untuk menjabat posisi tersebut, karena suami telah menafkahi istrinya, karena suami telah memberikan mahar kepada istrinya, dan karena-karena lainnya. 

Oleh karena itu, untuk kalian para kaum adam, ingatlah kembali fitrah kalian sebagai pemimpin, penentu, hakim, penanggung jawab keluarga kalian. Jikalau hanya memimpin keluarga yang hanya beranggotakan istri dan anak kalian saja tidak bisa, bagaimana bisa kalian akan bisa memimpin sebuah organisasi yang lebih besar lingkup nya??? 

Merasa tidak mampu??? Kalian pecundang....gih ke Thailand atau Korea aja sana.
Daripada sewot sendiri, mending nyari kopi enak aja lah. Ga ngurus lah urusan orang lain...cheers :)


Kemang, 3/5/2017

No comments:

Post a Comment

Sehari di Malaka, Kemana Aja? (Destinasi Wisata Melaka)

Setelah dari Penang, perjalanan saya lanjutkan ke Malaka, menggunakan bus. Perjalanan kurang lebih 7 jam, dengan ongkos 50 MYR. Saya amb...