Saturday, May 27, 2017

Olahraga Selama Berpuasa..?? Kenapa Tidak...??

Olahraga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Jika ingin menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, maka setiap orang harus mengatur jadwal olahraga yang teratur bagi dirinya. Begitu pun di bulan Ramadhan, walaupun dalam keadaan berpuasa makan dan minum, bukan berarti kita harus berpuasa juga untuk olahraga.


Ada banyak pilihan olahraga yang bisa kita lakukan selagi berpuasa. Kalau saya pribadi lebih memilih jenis olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Tidak perlu terlalu lama, cukup 30 - 40 menit saja, 2 - 3 kali seminggu. Biasanya saya berolahraga di sore hari, sekitar jam 5. Sengaja saya pilih waktu tersebut, supaya setelah berolahraga saya tidak terlalu lama kehausan, beberapa menit setelah berolahraga akan masuk waktu Magrib, berarti saya bisa segera berbuka.

Olahraga apa yang jadi favorit saya di bulan puasa??? Jalan Santai dan Jalan Cepat, olahraga yang cukup menyenangkan karena bisa sambil bercengkrama dengan warga sekitar, maupun sambil melihat-lihat pemandangan sekitar, sehingga tidak terasa olahraga telah dilakukan sampai waktu yang ditargetkan.

Melakukan jalan kaki selama bulan puasa cukup 30 menit saja, saya membaginya menjadi 3 sesi, 10 menit pertama sesi santai, 10 menit kemudian sesi cepat, dan 10 menit terakhir kembali sesi santai. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sekitar 5 menit sebelum jalan kaki di mulai, hal ini untuk mempersiapkan tubuh serta untuk menghindari terjadinya cidera. Kemudian jangan lupa pula untuk melakukan pendinginan setelah jalan, supaya otot-otot yang semula panas kembali dingin.

Silahkan baca referensi-referensi mengenai olahraga yang satu ini. Walaupun terlihat ringan, namun sangat banyak sekali manfaatnya. Mulai dari memperbaiki suasana hati hingga mencegah penyakit jantung. Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membakar kalori sebanyak 120 kalori, jika dilakukan secara rutin, olahraga ini cukup membantu bagi orang-orang yang sedang diet.

Lakukan dengan benar dan senang hati, maka walaupun sedang berpuasa, tubuh dijamin akan tetap bugar dan lemak lebih cepat terbakar, sehingga bentuk tubuh akan lebih menarik ketika lebaran nanti. Berikut beberapa tips berolahraga selama puasa :
1. Pilih olahraga yang ringan-ringan saja, namun rutin dilakukan.
2. Durasinya tidak usah terlalu lama, cukup 30 menit - 1 jam saja, hal ini untuk menghindari dehidrasi.
3. Pilih jadwal yang tepat, setelah sahur atau sebelum berbuka.
4. Tetap lakukan tahapan yang benar, mulai dari pemanasan hingga pendinginan.
5. Gunakan kostum yang nyaman.
6. Bisa lengkapi dengan list MP3 yang spiritful.
7. Pilih rute yang menyenangkan.
Salam olahraga, salam sehat :)

2 comments:

  1. Dulu saya olahraganya sebelum buka puasa sih kalo sekarang lagi menyusui jadi gak puasa dulu hehe tfs ya semoga puasanya lancar jaya dan tetap sehat^^

    ReplyDelete
  2. Punya baby n ngurusin sendiri juga sama kaya olahraga mba, semangatt yaaa...hehehe

    ReplyDelete

Air Terjun Nyarai, Wisata Anti-Mainstream di Sumatera Barat

Jam Gadang di Bukittinggi, Pantai Gandoriah di Pariaman, Istano Pagaruyung di Batusangkar, atau yang katanya mirip Raja Ampat Papua wisa...