Sunday, February 12, 2017

Chat Abbreviations

Di zaman modern seperti saat ini, komunikasi sudah bukan lagi menjadi hal yang rumit. Media komunikasi berkembang pesat semakin beragam, bagai jamur di musim hujan. Salah satu media komunikasi yang paling diminati adalah media sosial, di awali dengan MIRC dulu hingga beragam macam media sosial dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing saat ini digandrungi oleh semua kalangan masyarakat.



.
Kecanggihan teknologi, tren, serta  efektifitasnya merupakan alasan-alasan yang menuntut masyarakat semakin menggilai media komunikasi berbasis internet ini. Tren komunikasi melalui berbagai aplikasi media sosial itu pun menghasilkan gaya bahasa baru. Gaya bahasa secara tertulis dengan cara menyingkat beberapa kata-kata menjadi beberapa huruf saja. Kata 'yang' disingkat menjadi 'yg', kata 'kemana' disingkat menjadi 'kmn', dan masih banyak singkatan-singkatan lainnya.
.
.
Hal ini tidak saja berlaku di Indonesia, di negeri berbahasa inggris pun gaya bahasa baru dengan menyingkat kata-kata hingga menjadi beberapa huruf itu juga menjadi tren. Beberapa singkatan-singkatan itu juga digunakan oleh orang-orang Indonesia. Berikut beberapa contoh singkatan-singkatan tersebut.


1. Y
Dimaksudkan untuk pertanyaan 'why?', diambil dari 'pronounce' huruf Y dalam bahasa inggris yang menyerupai dengan pronounce kata 'why'.

2. ASAP
Singkatan dari 'As Soon As Possible', ditujukan untuk meminta sesuatu dikerjakan secepat mungkin.

3. BTW
Diambil dari awalan kata-kata 'By The Way', digunakan untuk membuka sebuah obrolan baru, kalau dalam bahasa Indonesia seperti 'ngomong-ngomong'. 

4. LOL
Disingkat dari kata-kata 'Laughing Out Loud', digunakan untuk menggambarkan kondisi pembicaraan yang sangat lucu dan keinginan untuk tertawa terbahak-bahak.

5. ROFL
Singkatan dari 'Rolling On the Floor Laughing', digunakan dengan kondisi yang sama seperti poin 4.

6. FYI
Dimaksudkan untuk menyingkat kata-kata 'For Your Information', digunakan ketika ingin memberikan sebuah informasi baru kepada orang lain.

7. CUL
Disingkat dari kata-kata 'See You Later', biasanya digunakan untuk menutup pembicaraan.

8. TYAL
Merupakan singkatan dari 'Thank You a Lot', ketika ingin mengucapkan rasa terima kasih.

9. MYOB
Menggambarkan keadaan yang kurang menyenangkan lebih seperti kesal dengan orang lain yang selalu ikut campur. Huruf-huruf tersebut merupakan singkatan dari 'Mind Your Own Business'.

10. RUP
Ketika ada sebuah pesan penting yang dikirimkan, namun belum dibaca oleh sipenerima untuk beberapa saat, maka bisa menggunakan huruf-huruf ini, karena merupakan singkatan dari 'Read Up Please'.

Masih banyak lagi singkatan-singkatan lainnya yang menjadi tren bagi pengguna media sosial di luar negeri, beberapa juga menjadi tren yang digunakan oleh pengguna media sosial Indonesia. Sehingga terlihat bahwa kemajuan teknologi tidak hanya berdampak kepada gaya hidup manusia saat ini, namun juga berpengaruh kepada gaya bahasa mereka.

No comments:

Post a Comment

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...