Saturday, February 25, 2017

American English VS British English

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dalam berbahasa Inggris ada 2 kiblat yang dominan digunakan, yaitu American English dan British English. American English dipakai oleh Amerika dan negara-negara yang dipengaruhinya. Kanada merupakan salah satu negara yang menggunakan American English karena lokasinya yang berdekatan dengan Amerika. Sedangkan British English digunakan oleh Inggris serta negara-negara persemakmurannya.



Ada beberapa perbedaan yang mencolok di antara kedua kiblat Bahasa Inggris dunia ini. Perbedaan tersebut akan sangat terasa jika kita berbicara langsung dengan seorang American atau seorang British yang menggunakan English sebagai mother tongue mereka. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah:

1. Aksen

Secara tertulis, antara American English dan British English tidak lah terlalu jauh berbeda. Akan tetapi akan sangat jelas terasa berbeda pada aksen dan pengucapannya. Penekanan pengucapan pada British English terdengar lebih berat dan formal. Sedangkan American English lebih ringan dan simple dengan menghilangkan sound dari huruf-huruf yang tidak perlu. Contohnya dalam pengucapan can dan can't, bagi American pengucapan kedua kata ini terdengar sangat mirip, sedangkan bagi British, pengucapan keduanya sangat jelas berbeda. Begitu juga pada pengucapan kata 'facts', American mengucapkannya mirip seperti pengucapan kata 'fax', sedangkan British mengucapkannya dengan menjelaskan huruf 't' nya.

Hal mencolok lainnya dalam pelafalan huruf 'r'. American English melafalkan 'r' dengan menggulung lidah ke belakang sehingga menyentuh langit-langit mulut. Sedangkan British English tidak membunyikan huruf 'r' dalam kata.

2. Kosakata 

Selain aksen, Ada beberapa kosakata tertentu yang berbeda. Terkadang hal ini bisa memicu kesalahpahaman. Contohnya, ada seorang teman Indonesia (inisial O) saya sedang berbincang dengan seorang teman bule dari Inggris (sebut saja M).

O : Hi M, nice pants. *senyum 5 senti
M : Excuse me?? *kerut jidat
O : I said you are wearing nice pants.
M : You can't see my pants, can you?
O : Ofcourse I can.
M :  How can you see it *mulai emosi
O : They are on your legs *sambil nunjuk kaki M
M : Ahhh...you mean trousers *tepuk jidat

Highlights :
Pants dalam American English berarti celana (celana luar, jeans, dll). Sedangkan dalam British English 'Pants' berarti celana dalam, makanya M sedikit emosi ketika O bilang bisa melihat celana dalamnya...LOL

Selain pants dan trousers, masih ada beberapa kosakata berbeda lainnya yang dimaksudkan untuk benda yang sama, antara lain :

» Karet penghapus
   A (American) : eraser
   B (British)  : rubber.
   Dalam American English, rubber
   berarti alat kontrasepsi pria, jadi
   hati-hati ya.

» Tanda baca titik (.)
   A : period
   B : full stop

» Liburan
   A : vacation
   B : holiday

» Olahraga sepak bola
   A : soccer
   B : football

» Permen
   A : candy
   B : sweets

» Tong sampah
   A : trash can
   B : waste bin

» Abjad Z
   A : zee
   B : zed

» Handphone
   A : cell phone
   B : mobile phone

» Sepatu kets
   A : sneakers
   B : trainers

» Kentang goreng
   A : french fries
   B : chips
   Bagi American chips berarti keripik

Itulah beberapa kosakata berbeda yang ditujukan untuk benda yang sama, masih ada beberapa lagi, semoga di lain waktu bisa saya uraikan secara lebih lengkap.

3. Penulisan 

Selain pengucapannya, ada juga beberapa perbedaan dalam penulisa kosakata tersebut. Perbedaan yang umum ditemukan adalah :

a. Akhiran '-our' dan '-or'
    A : color, behavior, honor
    B : colour, behaviour, honour

b. Akhiran '-se' dan '-ze'
    A : analyze, memorize, organize
    B : analyse, memorise, organise

c. Akhiran '-re' dan '-er'
    A : theater, fiber, liter
    B : theatre, fibre, litre

d. Akhiran '-ce' dan '-se'
    A : offense, deffense
    B : offence, deffence

e. Akhiran asing yang tidak memiliki
    tanda aksen
    A : catalog, toilet, dialog, program
    B : catalogue, toilette, dialogue, progamme
 
So, kamu lebih nyaman pakai yang mana?.
  

No comments:

Post a Comment

Apa yang Kau Ingat pada Februari?

Hai, kamu ingat ini hari apa? Valentine? Sudah berlalu dari 2 hari yang lalu. Ku yakin kau pasti lupa, coba lah pejamkan mata ...