Friday, December 22, 2017

Prosesi Pasca (Resepsi) Pernikahan Ala Minangkabau

Setelah melewati beberapa rangkaian tradisi adat sebelum pernikahan dan pada hari H pernikahan, masih ada serangkaian prosesi adat lagi yang harus dilaksanakan oleh sepasang pengantin Minangkabau. Rangkaian prosesi adat pasca resepsi pernikahan tersebut adalah sebagai berikut :




Thursday, November 30, 2017

Prosesi Pernikahan Ala Minangkabau

Setelah pada blogpost yang lalu uni menjelaskan tentang proses-proses pra-nikah ala Minangkabau, kali ini uni akan lanjutkan dengan proses-proses lanjutan yang harus dijalani oleh kedua mempelai yang tidak kalah uniknya dengan proses pra-nikah. Simak ya...!


Friday, November 24, 2017

Prosesi Lamaran (Pra-Nikah) Ala Minangkabau

Banyak teman yang bertanya kepada uni, apakah benar dalam sebuah proses pernikahan menurut adat Minangkabau,  yang datang untuk melamar adalah pihak perempuan. Hal itu lah yang kali ini akan uni jelaskan...!


Friday, November 3, 2017

Rumah Gadang Minangkabau

Halo dunsanak semuanya, mohon maaf karena kesibukan uni belakangan ini, membuat blog ini sedikit terabaikan ya. Pada ulasan kali ini, uni akan membahas tentang rumah adat Minangkabau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Rumah Gadang.




[caption id="attachment_463" align="aligncenter" width="300"]Rumah-Gadang (1) Rumah Gadang ; rumah adat Minangkabau[/caption]

Monday, October 16, 2017

Kenapa Porsi Nasi Padang yang dibungkus Lebih Banyak...?

Halo dunsanak semua, kali ini uni akan membahas salah satu hal yang menjadi kebanggaan kami orang Minang. Masakan, semua orang setuju bahwa masakan Minangkabau khususnya Nasi Padang termasuk masakan terlezat di dunia. Ayoooo coba angkat tangan siapa yang totally addicted sama masakan Minang? Bisa ngitung berapa banyak jumlah rumah makan Padang yang ada di daerahmu? Bahkan hingga ke benua seberang pun rumah makan Padang tetap ramai pengunjung, ya kan?


Friday, October 13, 2017

Asal Usul Nama Minangkabau

Assalamu'alaikum dunsanak semua, seringkali teman-teman uni yang berasal dari daerah lain bertanya, apa sih makna dari kata Minangkabau itu? Ada kaitan sama kerbau ya? Eh, mungkin karena itu Rumah Gadang itu atapnya kayak tanduk kerbau gitu? Dan beragam pertanyaan lain yang serupa pernah ditanyakan ke uni. Untuk kalian yang punya pertanyaan yang sama, jawabannya akan uni uraikan di artikel ini.




[caption id="attachment_469" align="aligncenter" width="300"]rumah-gadang Atap rumah adat dan hiasan kepala yang menyerupai tanduk kerbau[/caption]

Thursday, October 12, 2017

Backpacker Irit Menggunakan Teknologi

Haloo para pejalan...sudah jalan kemana aja tahun ini?? Ga (belum) jalan kemana-mana mengingat isi dompet yang masih aja membuat meringis?? Sudahlah isi dompet membuat meringis, kerjaan di kantor dan beban hidup yang teramat sadis pun membuat kewarasan berkurang perlahan-lahan (curhat). Kalau sudah begitu, bagaimana dong? Hei, tahukah kalian, untuk jalan-jalan saat now, ga harus berbiaya mahal loh. Kita bisa aja jalan-jalan ala backpacker dengan memanfaatkan teknologi yang ada, malah bakal terasa lebih berkesan dibanding dengan jalan-jalan dengan menggeret koper dan menginap di hotel berbintang serta menggunakan jasa tour agent loh.

Backpacker menggunakan teknologi??? Itu maksudnya gimana?? Iya, ada banyak aplikasi/website yang tersedia untuk mempermudah kamu-kamu sang budget traveler. Salah satu aplikai yang pernah saya manfaatkan bernama Couchsurfing. Wow wow apa itu?? Kok kaya nama-nama olahraga air gitu ya? Yuk, simak...!

Monday, October 2, 2017

Festival Tabuik, Perayaan Muharam di Minangkabau

Halo dunsanak, mumpung masih hangat-hangatnya suasana Muharam, uni ingin membahas tentang tradisi yang ada di ranah Minang dalam rangka menyambut bulan (tahun) baru Hijriah ini. Simak yuk...!

Monday, September 25, 2017

Kuliner Khas Pantai Padang


Padang, siapa yang tidak tahu dengan kota yang satu ini. Memiliki masakan yang terkenal hingga ke manca negara dengan rumah makan dan restoran yang tersebar di seluruh benua. Selain dikenal dengan masakannya yang tiada dua, kota Padang (Sumatera Barat umumnya) terkenal sebagai destinasi wisata alam yang luar biasa juga.




Sunday, September 24, 2017

Bulu Kumba ; Antara Alam Surga dan Legenda Mendunia

Sulawesi, salah satu pulau berukuran besar yang ada di Indonesia. Terkenal sebagai pulau dengan adat budaya yang unik, alam nan indah, masyarakat pelaut nan tangguh, dan berbagai keelokan lainnya. Sulawesi tidak hanya dianugerahi keunikan tradisi di Toraja, keindahan taman kupu-kupu dan air terjun di Bantimurung, barisan batu-batu raksasa di Taman Prasejarah Leang-Leang, atau kemegahan batu karst di Rammang-Rammang. Masih banyak keelokan dan keindahan yang dimiliki oleh pulau ini, baik yang telah terekspos maupun yang belum.

Thursday, August 24, 2017

Pinisi, Legenda Kebanggaan Indonesia

Berawal dari membaca Novel "Rindu"-nya Bang Tere Liye yang menceritakan berbagai romantika kehidupan manusia di sebuah kapal besar yang bermuatan ribuan umat islam yang ingin menunaikan ibadah haji. Mengambil setting waktu Tahun 1938 H, Tere Liye menggambarkan dengan gamblang perjalanan Haji pada saat itu membutuhkan waktu berbulan-bulan. Di dalam novel tersebut juga disinggung tentang Kapal Pinisi yang banyak dimiliki oleh orang Bugis, rata-rata pemiliknya adalah saudagar yang menggunakan kapal-kapal kayu tersebut untuk berdagang ke seluruh nusantara. 

Tuesday, July 18, 2017

Menu Lebaran Istimewa Ranah Minang

Hai Hai....tak terasa Hari Raya Idul Fitri telah berlalu. Bagaimana hari raya mu tahun ini? Buat yang jomblo, udah baper seberapa sering ketika ditanya kapan kawin??? Buat yang udah menikah, udah gondok seberapa sering ketika ditanya kapan punya anak atau kapan nambah anak lagi??? Daaannn tentunya masih beragam pertanyaan-pertanyaan sumber baper lainnya ya kan???


Saya tidak akan membahas soal pertanyaan penghasil baper apa saja yang saya terima. Kali ini saya akan menceritakan perayaan hari raya saya yang sangat spesial tahun ini. Jikalau tahun-tahun sebelumnya, saya merayakan hari raya di perantauan. Alhamdulillah, tahun ini saya dapat meramaikan euforia mudik dan pulang ke kampung halaman nenek moyang saya di Kota Batusangkar, Sumatera Barat. Luar biasa senangnya bisa bertemu seluruh sanak saudara handai taulan yang udah lamaaa sekali tidak bersua.

Tidak banyak yang berubah dengan kota kelahiran ibu saya ini, termasuk perayaan hari raya. Tidak ubahnya seperti beberapa belas tahun silam, ketika saya masih bocah, perayaan dan suka cita menyambut hari kemenangan masih sangat meriah. Salah satu kemeriahan terlihat pada masakan khas Lebaran. Bayangkan saja, semua menu lezat yang biasa kita lihat di Rumah Makan Padang, akan terhidang komplit di meja makan. Siap-siap saja perut bengkak dan badan melebar, karena di kampung kami merupakan sebuah kehormatan jika setiap tamu yang bersilaturrahmi juga ikut mencicipi hidangan yang tersedia. So, jangan harap diet mu sukses jikalau kamu lebaran di Padang.

Mau tahu tidak semeriah apa sih masakan lebaran di kampungku? Oke, kita ambil satu contoh, Rendang. Rendang adalah menu wajib yang harus ada di setiap rumah. Dapat saya pastikan, selama ini kebanyakan orang tahunya (pernah makan) rendang daging, atau rendang ayam. Nah, untuk kemeriahan hari raya di kampungku, Rendang Daging merupakan menu 'minimal' yang harus ada. Biasanya, kami akan menyiapkan beberapa jenis Rendang lainnya, selain Rendang Daging itu sendiri, contohnya : Rendang Ayam, Rendang Belut, Rendang Hati, Rendang Paru, Rendang Telur, dan Rendang Lokan (Kerang). Semua jenis Rendang itu akan terhidang komplit di atas meja makan, membuat para tamu kebingungan ingin menyicipi yang mana lebih dulu. 

Rendang Sapi






Rendang Paru

 Pernah ada teman saya yang bertanya, "Rendang segitu banyak, ga takut basi?" Helo Jeung, Rendang itu dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan dan melalui proses yang panjang. Untuk 1 jenis Rendang, membutuhkan waktu minimal 4 jam untuk memasaknya. Rendang itu akan tahan hingga berminggu-minggu. Semakin kering, semakin awet. Bahkan dulu, nenek buyut saya kalau masak Rendang bisa awet hingga berbulan-bulan. Tapi jangan tanya proses masaknya, nenek harus betah mengaduk Rendang yang dimasak dengan tungku tradisional tersebut seharian.

Rendang Belut

Itu baru satu menu loh, demikian juga dengan menu yang lain. Satu menu akan tersedia dalam beberapa varian. Maka tidak heran, jikalau ketika bulan puasa berat saya turun paling banyak 2 kg, namun baru lebaran kedua saja berat saya sudah nambah 6 kg. Kalau kamu jadi saya, kira-kira bisa nahan diri untuk ga rakus ga???? Hehehehe

Tuesday, June 13, 2017

Tips Pasca Mencabut Gigi di Bulan Puasa

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, selama beberapa hari Ramadhan ini saya dianugerahi sakit gigi level tinggi, hingga bisa membuat saya memutuskan untuk minum obat penghilang rasa sakit, yang berarti harus membatalkan puasa saya. Setelah berkonsultasi dengan seorang ustadz tentang bagaimana hukum untuk berobat ke dokter gigi atau malah harus mencabut gigi ketika sedang berpuasa. Saya pun tidak menunda-nunda lagi untuk mendatangi dokter gigi yang terdekat dari tempat tinggal saya. 

Monday, June 12, 2017

SETARA, Senat Pustaka Raja Ampat

Senat, apa yang terlintas dalam pikiran anda jika mendengar kata ini?? Sekelompok mahasiswa aktifis kampus atau orang-orang dengan tingkat intelektual yang menjadi pengajar di universitas-universitas ternama?? Ya, benar, pada umumnya kata senat memang similar dengan orang-orang hebat tersebut, atau malah senat menjadi perwakilan rakyat di dewan rakyat Amerika sana.

Lalu, Apa hubungan antara Senat dengan SETARA?? Yuk, simak lebih lanjut.

Sunday, June 11, 2017

"Musibah" Dahulu, Anugerah Kemudian

Indonesia Bukan Hanya Sumatera dan Jawa

"Indonesia ini bukan hanya Sumatera dan Jawa saja, abdi negara harus siap untuk bertugas di seluruh wilayah Indonesia," kata perempuan paruh baya itu sengit. Saya langsung tertunduk sambil mengangguk-angguk pelan. Perempuan paruh baya itu adalah pimpinan tertinggi Biro Kepegawaian di instansi tempat saya bernaung. Perdebatan kami siang itu tidak merubah keputusan bahwa saya harus berangkat ke daerah yang telah ditunjuk.

Friday, June 9, 2017

Aplikasi Al-Quran Indonesia

Perkembangan teknologi, saat ini sangat luar biasa sekali, hampir seluruh aspek kehidupan manusia telah disentuh oleh kemajuan teknologi. Manusia telah menggunakan fasilitas berteknologi untuk kehidupan sehari-hari, termasuk aspek religi. Saat sekarang, kebutuhan religi manusia juga telah terbantu banyak dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Saturday, June 3, 2017

Resep Dendeng Batokok

Mulai bosan dengan menu serba ayam, hari ini saya memasak menu khas Minangkabau lainnya, yaitu Dendeng Batokok. Dendeng adalah menu berbahan daging yang difillet tipis, dibumbui, dan digoreng. Sedangkan batokok berarti dipukul atau digeprek, nama batokok diambil dari proses memasaknya (nanti dijelaskan di cara memasak).




Dendeng Batokok biasanya dibuat balado, bisa menggunakan cabe merah ataupun cabe hijau. Dikarenakan perut saya yang kurang cocok dengan cabe hijau, maka saya  memilih memakai cabe merah saja. Yuk simak cara memasaknya.

Bahan :
500 gram daging (fillet tipis-tipis)
500 ml air kelapa
Garam

Bumbu yang dihaluskan :
6 siung bawang putih
1 ruas jahe

Bahan balado - uleg :
100 gram cabe keriting merah
6 siung bawang merah
1 siung bawang putih

Cara masak :
1. Setelah dicuci bersih, masukkan daging, bumbu yang dihaluskan, garam, dan air kelapa ke dalam wajan.
2. Rebus dengan api sedang sampai bumbu meresap dan airnya tinggal sedikit, matikan api. Air sisa rebusan jangan dibuang.
3. Pukul-pukul pelan daging yang sudah direbus menggunakan batu cobek.
4.  Panaskan minyak goreng, goreng daging dengan api kecil. Pastikan daging terendam minyak.
5. Setelah dirasa cukup, angkat dan tiriskan.
6. Goreng semua bahan-bahan balado yang sudah diuleg.
7. Masukkan air sisa rebusan daging.
8. Terus aduk. Jangan lupa cek rasa.
9. Setelah dirasa cukup, matikan api. Campurkan dengan daging.
10. Dendeng batokok siap dihidangkan.

Note :
* Jika ingin menggunakan cabe hijau, sebaiknya cabe hijau diuleg beberapa saat sebelum digoreng. Hal ini untuk menghindari cabe hijau berubah warna menjadi kehitaman.
* Bisa juga dicampur dengan tahu atau kentang.

Thursday, June 1, 2017

Cara Menghindari Bau Mulut Ketika Berpuasa

Pada bulan puasa ini, hal yang paling membuat kesal semua orang adalah bau mulut, apalagi orang-orang yang tetap harus beraktifitas dan bertatap muka dengan banyak orang. Alangkah sangat mengganggu sekali, ketika penampilan sudah oke namun aroma mulut berbau tidak sedap. Sebenarnya bau mulut ketika berpuasa sangatlah wajar, bahkan Allah pun menjanjikan bahwa bau mulut orang yang berpuasa akan menjadi aroma kesturi di akhirat nanti. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menyempurnakan penampilan dan kenyamanan pribadi, kita minimalisir masalah yang mengganggu tersebut. Pasti ada solusinya agar tetap berpuasa namun aroma mulut tetap segar.

Tuesday, May 30, 2017

Ayam Goreng Serundeng

Anak-anak pasti suka ayam, eh apa anak saya saja yang suka ayam ya? Hehehe. Ayam merupakan menu utama yang paling sering di request anak-anak saya. Mulai dari ayam goreng, ayam goreng balado, ayam rendang, ayam sop, chicken fillet teriyaki, ayam kecap, dan sebagainya. Menyambut Ramadhan kemarin, mereka minta Ayam Rendang, hari ini (puasa hari kedua) mereka kembali minta menu ayam. Saya memutar otak, menu ayam apa yang mudah mengolahnya namun anak-anak suka sehingga mereka semangat ketika berbuka ataupun sahur.


Akhirnya saya memutuskan untuk memasak Ayam Goreng Serundeng, paduan ayam goreng dengan taburan serundeng yang tasteful pasti akan membuat nafsu makan anak-anak meningkat. Hmmm, terbayang anak-anak makan dengan semangat pakai nasi panas yang dicanpur serundeng dan ayam goreng. Oke, mari kita mulai.


Bahan :
1 ekor ayam, potong 10, bersihkan.
Setengah butir kelapa, parut.
Daun salam
Daun jeruk
1 batang serai, geprak
Garam
Penyedap (optional), bisa ganti gula.
Air

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 ruas jahe
Sedikit kunyit
2-3 ruas lengkuas
3 biji kemiri

Cara :
1. Masukkan ayam, air, garam, dan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam wajan. Tutup, kemudian rebus dengan api sedang.
2. Matikan api ketika air rebusan sudah tinggal sedikit.
3. Goreng ayam hingga kekuningan.
4. Masukkan kelapa ke dalam air sisa rebusan ayam, kemudian aduk merata, tambahkan penyedap/gula, cek rasa.
5. Setelah semua tercampur rata, goreng dengan api kecil. Jangan lupa diaduk supaya tidak gosong. Terus aduk hingga berwarna keemasan.
6. Matikan api, saring serundeng dan tiriskan beberapa saat. FYI, serundeng kelapa ini akan menyerap banyak minyak.
7. Siapkan jawaban kalau anak-anak bilang lapar, karena aroma serundeng ini benar-benar membuat gaduh, hehehe.
8. Taburkan serundeng ke ayam goreng, jika bersisa masukkan ke wadah tertutup dan bisa di gunakan kembali.

Mudah kan cara memasaknya??

Saturday, May 27, 2017

Olahraga Selama Berpuasa..?? Kenapa Tidak...??

Olahraga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Jika ingin menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, maka setiap orang harus mengatur jadwal olahraga yang teratur bagi dirinya. Begitu pun di bulan Ramadhan, walaupun dalam keadaan berpuasa makan dan minum, bukan berarti kita harus berpuasa juga untuk olahraga.

Resep Rendang Ayam Versi Anak Rantau

Ramadhan telah tiba, semua umat islam bersuka cita menyambutnya. Terlebih lagi bagi masyarakat Minangkabau, beberapa hari sebelum Ramadhan menjelang, mereka telah melakukan persiapan-persiapan unik yang telah menjadi tradisi dari zaman nenek-nenek mereka dulu nya. Tradisi apa saja yang biasa dilakukan orang Minang untuk menyambut Ramadhan?? Baca selengkapnya disini.


Salah satu tradisi yang tidak pernah ditinggalkan oleh orang Minang adalah "marandang" atau dalam bahasa Indonesia berarti memasak Rendang. Ya, Rendang yang telah dinobatkan sebagai masakan terenak di dunia itu, Rata-rata seluruh orang Minang akan menjadikan Rendang sebagai menu utama yang disuguhkan untuk sahur pertama mereka. 

Begitu pun saya, darah Minang saya langsung memerintah saya untuk juga memasak menu andalan kesukaan semua orang itu. Walaupun saya sedang berada di rantau orang, semangat untuk menyambut Ramadhan masih sama seperti ketika saya berada di tanah kelahiran saya. Teman-teman saya juga turut bersemangat, mereka ikut serta membantu saya dalam menyiapkan masakan yang memakan waktu yang tidak sebentar untuk memasaknya itu. 

Karena satu dan lain hal, Ramadhan kali ini saya memutuskan untuk memasak Rendang Ayam. Mau tahu caranya??? Berikut saya uraikan cara memasak Rendang Ayam versi anak rantau (secara di rantau tidak mudah menemukan rempah-rempah seperti di Padang) :

Bahan-Bahan :
1 ekor ayam, bersihkan
1/2 kg kentang kecil, bersihkan
1,5 liter santan kental
1 ons cabe giling (kalau mau lebih pedas bisa tambahkan rawit)
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit (simpulkan)
2 batang serai (geprak)
Garam
Penyedap (kalau suka)

Haluskan :
1 ons bawang merah
4 siung besar bawang putih
Jahe
Lengkuas
3 butir kemiri 

Cara :
1. Masukkan santan ke dalam wajan, campurkan semua bahan, kecuali kentang dan ayam.
2. Nyalakan api sedang, aduk-aduk santan hingga semua bahan tercampur.
3. Aduk terus santan hingga mendidih.
4. Setelah mendidih, masukkan ayam, aduk perlahan.
5. Masukkan garam dan penyedap.
6. Setelah santan semakin mengental dan mulai mengeluarkan minyak, masukkan kentang.
7. Tidak usah diaduk sesering semula.
8. Tunggu hingga santannya semakin mengering.
9. Kecilkan api kompor, aduk sesekali, pastikan bagian bawah tidak lengket dan gosong.
10. Pada tahap ini Rendang Ayam sudah dapat dikonsumsi, namun jika ingin sedikit lebih kering lagi, biarkan terus dengan api kecil.
11. Rendang Ayam siap di hidangkan :)

Monday, May 22, 2017

Rammang-Rammang, The Hidden Paradise di Kabupaten Maros

Maros adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, yang terletak sekitar 28 km dari bandara Sultan Hasanudin Makasar. Nama Maros mulai terkenal beberapa tahun belakangan ini karena beredarnya foto sebuah kampung yang dikelilingi oleh pegunungan karst (batu kapur) dengan suasana yang masih sangat alami. Kampung tersebut adalah Desa Rammang-Rammang, konon di tetapkan oleh UNESCO sebagai situs world heritage dunia sejak tahun 2001, konon wilayah Rammang-Rammang ini merupakan wilayah pegunungan karst terluas ketiga di dunia, setelah pegunungan karst di Madagaskar dan Cina.

Sunday, May 21, 2017

Memar Tanpa Sebab di Permukaan Kulit, Cubitan Setan atau..??

Pernah tidak kamu menemukan memar tanpa sebab di permukaan kulitmu?? Saya sering...hehehe. Almarhum nenek saya dulu bilang memar-memar yang biasanya diiring rasa pegal tidak nyaman di sekitaran yang memar itu adalah bekas cubitan atau gigitan setan. Makanya nenek akan selalu menakut-nakuti untuk tidak mandi terlalu sore (apalagi malam), supaya tidak dicubit atau digigit setan lagi.

Saturday, May 20, 2017

Mengurus Akte Kelahiran, Mudah Kok..!!

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengikuti semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh negara. Termasuk ketentuan administratif, salah satunya adalah melaporkan tentang adanya penambahan anggota keluarga kepada negara. Penambahan disini maksudnya tentu adanya kelahiran baru di sebuah keluarga. Setiap adanya kelahiran anak harus segera dilaporkan kepada negara, dalam hal ini kepada dinas catatan sipil, dengan bukti tercetak selembar kertas bernama akte kelahiran.

Monday, May 15, 2017

Mudahnya Wisata ke Pantai Losari

Pantai Losari, siapa yang tidak tahu obyek wisata andalan warga Makasar ini. Belum lengkap rasanya kalau datang ke Makasar namun tidak mampir ke icon wisata kota ini. Pantai Losari berlokasi di jalan Penghibur, di sebelah baratnya kota Makasar.

Sunday, May 14, 2017

6 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Ranah Minang

Ramadhan merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu oleh umat islam. Begitu juga dengan masyarakat Minangkabau, sebagai suku yang menjadikan ajaran agama islam sebagai patokan hidup, maka mereka akan mempersiapkan sedemikian rupa untuk menyambut bulan suci tersebut. Ada beberapa tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau sebelum bulan suci itu datang. 


1. Ziarah Kubur
Tradisi yang satu ini mungkin dilakukan oleh hampir seluruh umat muslim di Indonesia sebelum Ramadhan tiba. Demikian juga dengan masyarakat Minang, beberapa hari menjelang Ramadhan tiba, mereka akan beramai-ramai menziarahi makam keluarga hingga makam alim ulama. Dimulai dengan membersihkan makam, kemudian berdoa bersama untuk almarhum/ah, hingga mandoa (membaca yasin dan doa-doa) pada malam harinya di rumah bersama-sama dan ditutup dengan acara makan bersama.


2. Membersihkan Mesjid Bersama
Kebersihan mesjid secara umum merupakan tanggung jawab marbot. Namun di Ranah Minang, masyarakat akan bahu-membahu membersihkan mesjid dan lingkungannya. Hal ini ditujukan untuk menciptakan kenyamanan jemaah ketika beribadah nantinya.


3. Mambantai
Mambantai berarti menyembelih, 2 - 3 hari sebelum Ramadhan, masyarakat akan patungan membeli sapi / kerbau / kambing untuk disembelih, kemudian dibagi-bagikan kepada orang-orang yang ikut patungan. Maka dapat dipastikan beberapa saat kemudian akan tercium aroma rendang dari setiap rumah. 

4. Malamang
Malamang berarti memasak lemang, masakan berbahan dasar beras ketan yang di masak di dalam bambu. Tradisi malamang biasanya dilakukan secara gotong royong, bersama-sama. Lamang kemudian dibagikan kepada tetangga, kerabat, dan orang-orang yang disegani seperti ulama, tetua adat, dan ninik mamak).

5. Manjalang Mintuo
Manjalang berarti mendatangi, mintuo berarti mertua, maka manjalang mintuo berarti mendatangi mertua. Biasanya sehari sebelum Ramadhan, pasangan suami istri akan melakukan tradisi ini. Datang ke rumah mertua dengan membawa buah tangan (lemang atau kue-kue tradisional lainnya). Hal ini bermaksud untuk memohon maaf kepada mertua atas kesalahan yang telah dilakukan selama setahun belakangan.

6. Balimau
Tradisi balimau berarti mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan jeruk nipis (limau). Biasanya dilakukan di sore hari sehari sebelum Ramadhan, di sungai, danau, atau sumber air lainnya. Kurang lebih seperti ritual umat hindu membersihkan diri di sungai gangga, maka tradisi ini juga bertujuan untuk menyucikan diri lahir bathin sebelum memasuki bulan puasa. 


Demikianlah beberapa tradisi masyarakat Minangkabau untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Kalau di daerah mu ada tradisi apa...??

* Photo Credit to Yahoo Image Search

Wednesday, May 3, 2017

Pemimpin

Di dalam Alquran telah dijelaskan bahwa sesungguhnya derajat semua manusia itu sama di mata Tuhan, yang membedakannya hanyalah tingkat ketakwaan mereka. Akan tetapi Allah menekankan ada perbedaan yang signifikan dalam hal kepemimpinan. Dalam Alquran diuraikan bahwa dalam hal kepemimpinan, kaum adam ditinggikan derajatnya satu tingkat dibandingkan kaum hawa.

Wednesday, March 8, 2017

Serigala

Kau percaya reinkarnasi?? Kuyakin jawabmu "tidak", karena ku tahu di kepercayaan kita tidak ada istilah itu. Namun seandainya, reinkarnasi itu benar-benar ada, nanti setelah aku mati, aku berreinkarnasi menjadi serigala.

Kubayangkan, keningmu akan mengerut mendengar ini. Ya, aku ingin menjadi serigala. Binatang buas pemburu yang lolongan tengah malamnya selalu membuatku ketakutan.

Saturday, February 25, 2017

American English VS British English

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dalam berbahasa Inggris ada 2 kiblat yang dominan digunakan, yaitu American English dan British English. American English dipakai oleh Amerika dan negara-negara yang dipengaruhinya. Kanada merupakan salah satu negara yang menggunakan American English karena lokasinya yang berdekatan dengan Amerika. Sedangkan British English digunakan oleh Inggris serta negara-negara persemakmurannya.

Sunday, February 12, 2017

Chat Abbreviations

Di zaman modern seperti saat ini, komunikasi sudah bukan lagi menjadi hal yang rumit. Media komunikasi berkembang pesat semakin beragam, bagai jamur di musim hujan. Salah satu media komunikasi yang paling diminati adalah media sosial, di awali dengan MIRC dulu hingga beragam macam media sosial dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing saat ini digandrungi oleh semua kalangan masyarakat.

Friday, February 3, 2017

Penerjemah

Beberapa waktu lalu, saya ditelpon oleh seorang teman baru. Namanya Mas Irfan, seorang local guide di kota yang mahsyur dengan destinasi wisata bahari nya ini. Mas Irfan minta bantuan saya untuk pekerjaan yang ditekuninya. Bulan depan ia akan meng-guide sebuah grup bule. Nah, masalahnya adalah Mas Irfan tidak terlalu mahir berbahasa inggris, dan ini adalah grup bule pertama yang ia handle. Karena kendala bahasa tersebut, Mas Irfan tidak pernah berani menerima grup bule sebelumnya. 

Tuesday, January 24, 2017

All About My Dreams

Setelah mama-papa memutuskan berpisah, saya diadopsi amak (nenek-red) dan pindah ke kampung. Kehidupan di kampung dengan penghasilan nenek sebagai janda pensiunan pegawai rendahan yang hanya beberapa ratus ribu setiap bulannya, memaksa kami harus hidup sederhana dan bekerja keras, setiap hari sepulang sekolah saya bersama nenek ke kebun belakang rumah yang tak seberapa luas, sekadar mencari kayu bakar atau merawat pohon kopi yang berselang-seling pohon pisang, kemudian memanen hasilnya yang cukup lumayan buat menambah jajan kami berdua. 

Thursday, January 19, 2017

The Power of Positive Thinking and Self Talking

Baru saja saya baca sebuah artikel tentang seorang mantan artis yang saat ini sedang sakit kanker stadium 4. Ternyata penyakit yang ia derita ini sempat terlintas dalam pikirannya dulu, ketika ia masih aktif di dunia keartisan dengan gaya hidup yang jauh dari kata sehat. Waktu itu ia menyadari pola hidupnya yang tidak teratur seperti itu, suatu hari nanti akan menimbulkan penyakit yang memang benar-benar menimpanya saat sekarang ini.

Saturday, January 7, 2017

Common Mistakes in Pronounce , It's OK!!

Seperti yang saya janjikan di postingan sebelumnya, saya akan menjabarkan kekeliruan orang-orang Indonesia dalam mengucapkan kata-kata berbahasa inggris, berdasarkan tingkat keseringan saya mendengarnya. 

Friday, January 6, 2017

Common Mistakes in Learning, It's OK

Saya punya seorang teman, namanya Mr.S seorang WNA yang sedang berlibur ke tanah air tercinta ini. Doi ingin menyeberang ke sebuah pulau yang konon disana ada resort yang bagus dan menjadi tempat favorit turis-turis seperti Mr.S ini. Sehari sebelum menyebrang ke pulau itu Mr.S bertanya kepada saya, "K, kamu tau toko tempat alat-alat seram??" dengan bahasa Indonesia yang patah-patah tapi cukup bisa dimengerti.

Wednesday, January 4, 2017

Life Skill

Menurut opini saya, hakikat mendidik anak adalah untuk mempersiapkan mereka bisa lepas dari kita, orang tuanya. Hal ini membutuhkan proses yang panjang, pembiasaan yang terkadang dipenuhi rengekan hingga tangisan, dan ketegaan yang terkadang diartikan orang lain sebagai 'kekejaman'.
Rasa 'sayang' berlebihan kepada anak seringkali diperlihatkan dengan cara yang kurang tepat oleh orang tua. Contoh kasus yang paling banyak adalah dengan cara mengikuti semua keinginan anak atau bisa juga dengan membiarkan kesalahan yang dilakukan anak dengan anggapan 'ah masih kecil, belum ngerti'.

Panduan Traveling ke Ho Chi Minh City - Vietnam

Mendengar beragam cerita kurang sedap tentang Vietnam malah membuat saya semakin penasaran dan tidak sabaran untuk mendatanginya. Berb...