Saturday, October 29, 2016

Sweet Escape to Temanggung

Selamat pagi...

Setelah menempuh 3 jam perjalanan dari Jogja, kami sampai di Temanggung tengah malam tadi. Baru juga istirahat beberapa jam, subuh-subuh tadi dengan mata sepet kami berenam berangkat ke sebuah spot wisata alam bernama Posong Sunrise Adventure. Memang sunrise dengan view 7 gunung Jateng - DIY menjadi target kami.

Tidaklah sulit mencapai lokasinya, ikuti saja jalan dari Temanggung ke arah Wonosobo, karena Posong berada di perbatasan Temanggung-Wonosobo. Sesampainya di Kledung, ada Gapura bertuliskan Wisata Alam Posong di sebelah kanan jalan.

Suhu dingin khas pegunungan tidak menyurutkan niat kami, tepat jam 5.00 kami sampai di pos penjagaan. Di pos itu, setiap orang ditarik retribusi masuk. Dari pos penjagaan itu, kita masih harus berkendara sampai ke spot yang dituju sekitar 30 menit perjalanan menyusuri jalan tanah berbatu yang tidak terlalu lebar. Kebun- kebun tembakau dan kopi milik rakyat ada di kiri kanan jalan.

Sesampainya di spot yang dituju, kami mendapati sudah cukup ramai pengunjung di sana, langit pun sudah cukup terang. Memang kata Mas Wahid, kami sudah kesiangan, harusnya jam 5 subuh itu kita sudah sampai di spot tersebut. Tapi tidak apa, pesona langit dengan sunrise yang masih malu-malu itu juga sudah luar biasa memukau.
Berada di kurleb 2000 mdpl, suhu dan angin di Posong ini lumayan bikin meler. Untungnya tuan rumah sudah mengingatkan sebelumnya dan berpesan untuk membawa jaket. Spot wisata Posong ini sudah dikelola cukup baik, sudah tersedia parkiran yang cukup, gazebo-gazebo, toilet, musholla, dan warung minuman.

Tidak terasa, matahari mulai meninggi, pengunjungpun semakin ramai. Lukisan alam yang tersaji di depan mata juga mulai berubah warna. Dingin yang menusuk tulang juga membuat perut keroncongan. Kami tidak membawa bekal makanan apapun, untungnya ada warung makanan yang tersedia disana. Kami memesan kopi dan teh manis, plus gorengan. Entah karena kopi asli Posong atau karena dingin, kopinya terasa nikmat sekali dengan harga yang masih sangat murah sekali untuk tempat wisata seperti ini.
Puas memanjakan mata di Posong Sunrise Adventure, perjalanan kami lanjutkan ke sebuah spot wisata lainnya, bernama Embung Kledung. Hanya berjarak 1 kilo dari Posong, dari gapura Posong terus saja ke arah Wonosobo lagi. Sebagai patokan, jalan masuk ke Embung Kledung berada di sebelah kanan jalan, tidak jauh dari SPBU Kledung.

Sesuai namanya, Embung Kledung merupakan sebuah kolam besar tempat penampungan air. Hal yang menarik dari embung ini adalaha, posisinya yang berada di antara 2 gunung kembar, Sumbing dan Sindoro. Sayangnya keindahan embung ini sedikit terganggu dengan coretan-coretan tidak jelas di pinggiran embung. Oiya, embung ini dipagari sekelilingnya, ada tulisan dilarang mancing dan berenang juga tertempel disana. Kami hanya bisa duduk-duduk menikmati semilir angin sejuk dan oksigen bersih di bangku yang tersedia di sekitar embung.
Matahari semakin meninggi, mengingat kami harus kembali ke kehidupan nyata nanti sore, maka kami memutuskan balik ke rumah, melanjutkan istirahat yang masih sangat amat kurang. Semoga nanti masih diberi kesempatan dan rejeki untuk bisa mendatangi tempat lainnya dengan keunikannya masing-masing. Insya Allah, masih berharap nanti suatu hari trip-trip ini juga ditemani kamu, Amiinn.